Kemenag Berencana Hapus Kebijakan Satu Pintu Dalam Pemberangkatan Umrah

Foto Haramain
Kebijakan pemberangkatan umroh melalui satu pintu direncanakan akan dihapus. Hal ini disampaikan Menteri Agama Yqut Cholil Qaumas dalam rapat kerja (Raker) bersama Komisi VIII DPR, Senin (17/1/2022). 

"Tidak ada pemberhentian umroh. Ini ada komunikasi publik yang agak salah tangkap. Bukan umrohnya yang dihentikan, tapi One Gate Policy (OGP) yang dihentikan per tanggal 15 Januari karena umroh dianggap sudah bisa dijalankan tanpa OGP," kata Gus Yaqut.

Namun ia meminta pada Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah untuk menahan kebijakan tersebut. Dia mengarahkan agar skema ini tetap berjalan dan jangan sampai masing-masing daerah menerbangkan jamaahnya.

"Yang dicabut OGP-nya, bukan umrohnya. Umroh tetap jalan karena tidak boleh ada yang melarang orang pergi ke luar negeri termasuk umroh ketika visa sudah bisa didapat," lanjutnya.

Gus Yaqut, panggilan akrab Menag, menyebut tidak ada satupun UU yang menyebut bisa menahan warga negaranya pergi keluar negeri kalau sudah memegang visa. Hal ini terkecuali yang bersangkutan memiliki masalah hukum. Meski demikian, pemerintah disebut berhak melakukan pengaturan.

Pun demikian, ia mengakui ada beberapa orang dari tim advance umroh yang terpapar Covid-19 varian Omicron. Karena itu, ia menilai OGP harus terus dijalankan mengingat kondisinya yang riskan.

Terkait anggapan OGP yang tidak konsisten dimana jamaah berangkat dari asrama haji namun tidak dengan karantina saat kepulangan, ia mengatakan masih belum mendapat persetujuan dari Satgas Covid-19. 

"Untuk menjadi tempat karantina sepulang dari luar negeri, harus ada persetujuan dulu dari Satgas. Kalau tidak, maka menggunakan hotel yang sudah ditunjuk. Dirjen terus melakukan koordinasi agar asrama haji bisa diterima, karena otomatis lebih murah," ujar dia.

Terakhir, ia menyebut telah melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan umroh. Namun, keseluruhan hasilnya baru bisa disampaikan pekan depan, mengingat 414 jamaah umroh baru kembali malam ini (17/1/2022).

Sebelumnya, Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Ace Hasan Syadzily menyebut ada kabar yang menyebut 11 orang dari tim advance umroh terpapar Covid-19 varian Omicron. Hal ini dinilai harus menjadi perhatian banyak pihak.

"Jangan sampai Arab Saudi, seperti Turki, menjadi salah satu tempat yang membawa migrasi Omicron terbanyak ke Indonesia," ujar dia. (ihram|alfa)

Subscribe to receive free email updates: