Konjen Eko Hartono: Hingga Kini Belum Ada Kepastian Jamaah Umrah Indonesia Berangkat

Sudah 17 hari setetelah Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengumumkan kesiapan Pemerintah Arab Saudi menerima jamaah umrah Indonesia. Namun hingga kini belum ada kepastian kapan umrah untuk Indonesia dimulai.

"Jadi sampai saat ini belum ada kepastian kapan jamaah umrah Indonesia bisa berangkat, karena aspek teknis masih dibahas yaitu terkait sertifikat vaksin dan booster," kata Konjen RI di Jeddah Eko Hartono dilaman Republika, Selasa (26/10/2021).  

Selain itu, Eko juga menambahkan belum adanya aturan detail seperti apa penyelenggaraan umrah di masa pandemi ini, termasuk teknis masalah vaksin Covid-19 untuk Indonesia. 

Untuk itu perwakilan pemerintah di Indonesia belum dapat menyampaikan akan seperti apa teknis umrah ini. "Sejauh ini, belum ada konfirmasi tentang cetak kartu vaksin," katanya. 

Saat ini informasi yang didapat, bahwa jamaah yang bisa umrah adalah jamaah yang sudah memenuhi syarat seperti  telah divaksin dosis lengkap dengan vaksin yang diakui oleh pemerintah Arab Saudi. 

Vaksin yang diakui Pemerintah Arab Saudi adalah Astrazeneca, Freezer,  Johnson and Johnson, Moderna. "Bagi yang penuhi syarat langsung umrah," katanya  

Jika ada jamaah yang belum divaksin lengkap, lanjutnya, maka harus bersedia dikarantina demi memutus mata rantai Covid-19. 

Meski demikian sampai saat ini belum ada kepastian kapan umrah dimulai untuk jamaah Indonesia.

"Jamaah yang karantina itu yang tidak penuhi syarat seperti vaksin blum lengkap, atau belum booster," katanya menegaskan. (ihram|alfa)

Subscribe to receive free email updates: