Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Berkunjung ke Swedia, Menteri Suharso Bertemu Profesional Indonesia dan PPI

Foto Humas Bappenas/PPN
Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Suharso Monoarfa melakukan pertemuan dengan Profesional Indonesia di Swedia dan Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI), Ahad (24/10/2021).

Pertemuan berlangsung di Wisma Duta yang merupakan kediaman Dubes Indonesia untuk Swedia, dan dihadiri sekitar 50 orang. 
 
Tim Komunikasi Publik Kementerian PPN/Bappenas melansir, dalam pertemuan tersebut, Menteri Suharso terlihat didampingi oleh Deputi Bidang Ekonomi, Deputi Bidang Pengembangan Regional, serta Deputi Bidang Kemaritiman dan Sumber Daya Alam. 

Dalam sesi dialog, terdapat 2 orang PPI yang memaparkan kiprahnya selama disana. Mereka adalah Fajar Sidik Abdullah Kelana dan Fumi Harahap.

Fajar Sidik Abdullah merupakan penerima beasiswa LPDP yang tengah menempuh pendidikan S2 di jurusan Innovation Management and Product Development di KTH Royal Institute of Technology. 

Sebelum berangkat ke Swedia, Fajar bersama teman-temannya telah mengembangkan inovasi teknologi microbubble generator (MBG). Teknologi ini digunakan untuk meningkatkan kualitas air di kolam pembiakan ikan.

Fajar mengatakan, alat tersebut telah diterapkan di Yogyakarta dan terbukti mampu meningkatkan pendapatan pembudidaya ikan disana. Ia menambahkan, studi yang kini diambilnya sangat relevan untuk mendukung kiprahnya kedepan. 
 
Menurutnya, selama menempuh studi di Swedia, ia belajar bagaimana pelaku bisnis, komunitas dan pemerintah saling berkolaborasi menciptakan rantai inovasi.

Selanjutnya, terdapat Fumi Harahap yang kini menjadi peneliti postdoctoral di KTH Royal Institute of Technology, dengan fokus penelitian pada analisis sistem energi. 

Ia bercerita saat ini tengah meneliti tentang cara mendesain sistem energi yang berkelanjutan ditengah terbatasnya sumberdaya dan cepatnya perubahan-perubahan, termasuk perubahan iklim. 

Fumi menambahkan, fokus penelitiannya sejalan dengan kajian disertasinya dimana Ia menjelaskan, bagaimana sisa-sisa residu kelapa sawit bisa ditekan untuk bio energi di Indonesia. 

Sebagai informasi, kunjungan Menteri Suharso ke Swedia adalah dalam rangka menghadiri pertemuan dengan Menteri Infrastruktur dan Menteri Lingkungan Hidup Swedia membahas tentang kerjasama blue economy dan SDGs. (ulul|azka)

Post a Comment for "Berkunjung ke Swedia, Menteri Suharso Bertemu Profesional Indonesia dan PPI"