SAPUHI: Masa Pandemi Bikin Beberapa Biro Perjalanan Haji dan Umroh Bangkrut

Dua musim haji ini, PPIU (Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah) dan  Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK) kondisi memprihatinkan. 

Karena disamping tak bisa memberangkatkan umrah, dua musim haji pengelola travel haji khusus juga tidak bisa memberangkatkan jamaah haji adanya pembatalan haji.

Saat ini, seperti disebut Ketua Umum Sarikat Penyelenggara Haji Indonesia (SAPUHI) Syam Resfiadi, pengusaha haji umrah sudah banyak yang bangkrut karena tak ada pemasukan selama dua tahun

Ketua Umum SAPUHI menceritakan tentang kondisi travel. Meski sama-sama tak ada pemasukan, antara kondisi travel satu dengan travel lainnya berbeda dan semua tergantung pada kondisi keuangan masing-masing. 

Saat ini semua travel umroh dan haji khusus kondisinya memprihatikan setelah dua tahun tidak ada aktivitas. Dan hal tersebut membuat travel bangkrut.

Syam menuturkan, ada travel yang masih jalan dengan membuka kantor dengan jam terbatas dan staff terbatas. Dan oprasional tetap masih jalan dengan hanya perjanjian jika ingin bertemu.

Bahkan kata dia, ada travel sudah masuk dalam katagori berbahaya karena sudah menjual aset yang dimilikinya. Penyebabnya tidak ada aktivitas perjalanan dan karena itulah perusahaan tidak memiliki pemasukan.

"Uang cash sudah habis, sudah habis juga asetnya baik aset kantor maupun pribadi. Bangkrut dan tutup," katanya.

Untuk itu kata Syam Resfiadi pemerintah perlu menyalurkan bantuan kepada PIHK agar tidak bangkrut. Bantuan bisa dalam bentuk pinjaman atau kebijakan lain agar PIHK dapat pemasukan. 

"Betul harus dibantu jika tidak akan jadi bom waktu," katanya.

Setelah Arab Saudi menutup akses umroh Indonesia kareha pandemi, bukan menjadi kesalahan PPIU/PIHK jika masih banyak jamaah haji atau umroh belum diberangkatkan. 

Menurutnya akan menjadi masalah besar jika PIHK bangkrut sementara masih memiliki jamaah yang belum diberangkatkan.

"Para PPIU dan PIHK akan jadi masalah kerena tida bisa memberangkatkan jamaahnya terutama yang tertunda," katanya.

Syam Rersfiadimenyatakan, saat ini masalah PPIU dan PIHK dalam masa pandemi setelah pembatalan Haji 1442 harus segera dicarikan solusinya oleh pemerintah. (ihram|ulul) 

Subscribe to receive free email updates: