Hari Pertama Dibuka, 450 Ribu Orang Mendaftar Haji

Foto Haramain

Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi mengungkapkan, portal elektronik yang melayani pendaftaran untuk calon jamaah haji Arab Saudi menerima lebih dari 450.000 pendaftar dalam waktu 24 jam setelah dibuka, kata Kementerian Haji dan Umrah Saudi.

Disebutkan, dari jumlah itu pendaftar laki-laki mencapai 60 persen dan perempuan 40 persen. 

Sebagaimana diketahui, pendaftaran haji tahun ini hanya untuk warga Saudi dan ekspatriat yang hanya  60.000 jamaah, akibat pandemi virus corona (Covid-19).

Dr Abdulfattah Mashat, Wakil Menteri Haji dan Umrah, mengatakan bahwa hanya mereka yang berusia di atas 18 tahun yang akan diizinkan mengikuti ibadah haji pada musim haji tahun ini.

Dalam sebuah wawancara di saluran TV Al-Ekhbariya, sebagaimana dilansir Arab News, Mashat mengatakan bahwa anak-anak tidak termasuk dalam kelompok yang menerima vaksin covid-19 karena itu tidak diizinkan memasuki situs situs suci selama haji.

Mashat menegaskan bahwa aplikasi untuk haji tahun ini sudah bisa diakses semua negara. 

Prioritas calon jamaah haji akan diberikan kepada orang-orang di atas 50 tahun dan  belum pernah melakukan haji. 

Di antara pendaftar haji tahun ini adalah pejabat senior budaya Saudi berusia 25 tahun di Bupa Arabia, Mohammed Gamlo.  “Saya memiliki banyak keraguan tentang haji tahun ini, apakah saya bisa ikut haji  tahun ini atau tidak?” katanya kepada Arab News.

“Saya sangat senang ketika kementerian membuat pengumuman dan saya berkata pada diri sendiri bahwa saya harus menjadi yang pertama mendaftar.”

Jika lamaran Gamlo diterima, ini akan menjadi pengalaman haji pertamanya. “Setiap kali saya mencoba pergi haji, tidak pernah berhasil.”

Dia mengatakan bahwa jumlah jemaah yang terbatas akan memudahkan perjalanan  yang mungkin tidak akan terjadi lagi.

Mengomentari perbaikan yang dilakukan oleh kementerian, Gamlo mengatakan: “Tenda telah dimodernisasi, kapasitas telah meningkat dan transportasi antar tempat suci telah difasilitasi, berkat kereta api dan bus.”

Pada hari Selasa (15/6/2021), kementerian haji mengunggah foto di akun  Twitter yang menunjukkan penyelesaian fase pertama alokasi kamp ke institusi dan perusahaan untuk jamaah  domestik.

Persiapan kementerian akan terus dilakukan hingga akhir pekan ini, sesuai dengan persyaratan dan standar kesehatan untuk menjaga kualitas pelayanan yang diberikan kepada jemaah haji.

Pendaftaran jemaah haji domestik akan ditutup pada 23 Juni. Untuk menghindari pembatalan, paket harus dibeli dalam waktu tiga jam setelah pemilihan paket haji. (an|azka)

Subscribe to receive free email updates: