Malam Mencekam Dirasakan Jutaan Warga Israel, Media Israel Akui Gaza Menang

Surat kabar Yisrael Hayom mengungkap, jutaan warga Israel melewati malam yang menakutkan, yang  mereka rasakan dalam situasi keamanan yang sulit, yang belum pernah terjadi sejak beberapa tahun silam, pasca dihujani ratusan roket dari perlawanan Palestina.

Foto PIP
Surat kabar yang dekat dengan pemerintah tersebut menyatakan, sirine peringatan berdering keras sepanjang malam, mulai dari kawasan Selatan sampai Utara di pinggiran kota Tel Aviv (Pusat Palestina jajahan tahun 48), yang mendorong jutaan warga Israel mencari tempat pengungsian.

Menurut Pusat Informasi Palestina mengutip surat kabar Israel, 5 warga Israel tewas akibat serangan roket perlawanan Palestina ke permukiman Israel, dan lebih dari 80 orang lainnya luka-luka, sebagian dari mereka luka parah.

Pimpinan Front Internal di militer Israel menyatakan, kondisi darurat ditetapkan di semua kawasan yang menjadi sasaran gempuran tadi malam, sekolah akan tetap ditutup, dan menyerukan kepada segenap warga untuk tetap berada dekat pengungsian.

Masih menurut surat kabar tersebut, gelombang pertemuran ini merupakan yang paling sengit antara Israel dan Hamas sejak perang tahun 2014 di Gaza.

Pada Selasa kemarin, kondisi makin memanas dan belum pernah terjadi sebelumnya, pasca kebijakan Tel Aviv menghancurkan menara permukiman di Gaza, yang dibalas Hamas dengan menembakan ratusan roket ke sejumlah kota Israel.

Militer Israel menyatakan, perlawanan Palestina telah menembakan 1050 roket dari Gaza, yang menyasar kawasan luas mulai Tel Aviv di bagian utara, sampai Bersheba di bagian selatan.

Surat kabar Israel menegaskan, penjajah Israel kehilangan kendalinya di hadapan Hamas, yang memimpin perlawanan di Gaza yang diblokade sejak 15 tahun lalu.

Surat kabar Yediot Ahronot di tajuk utamanya yang ditulis pengamat militer Yosi Yahusya menyebut, “Dari sisi Hamas, pertempuran kali ini kemenangan berada di pihaknya, api roket menuju Al-Quds, ditegaskannya bahwa Israel kehilangan kemampuan membalasnya, di hari yang seharusnya menjadi kemenangan baginya.”

Disebutkan bahwa Israel menyatakan balasan akan semakin kuat, namun pernyataan ini harus ada jaminannya, dan kita perlu ingat kebijakan ekstrim yang diambil pemerintah dengan dukungan militer dan intelijen membawa kita pada kondisi saat ini dimana situasi berubah. 

Hamas, disebutkan, mulai melancarkan pukulan pertama dengan kuat, persis sama seperti yang dilakukan Israel dalam agresi sebelumnya.

Dan hasilnya, pemandangan yang sulit, dimana para peserta pawai bendera di Al-Quds yang diikuti para anggota parlemen justru melarikan diri dari arena dan pergi menuju tempat perlindungan, bersamaan dengan warga Palestina di Al-Quds yang merayakan kemenangan dengan roket-roket Gaza. (pip|alfa)  

##https://melayu.palinfo.com/news/2021/5/12/Malam-Mencekam-Dilalui-Jutaan-Israel-Media-Gaza-Menang

Subscribe to receive free email updates: