Kemenag Lhokseumawe Aceh Lakukan Ru'yatul Hilal 1 Syawal 1442 H

Kantor Kementerian Agama Kota Lhokseumawe Aceh  sore ini menggelar kegiatan Rukyat Hilal dalam penentuan masuknya awal Syawal 1442 H di Bukit Blang Tiron komplek Perumahan PAG Kecamatan Muara Satu Kota Lhokseumawe, Selasa (11/5/2021).

Foto Kemenag Aceh
Kakankemenag Lhokseumawe Drs. H. Boihakki, M.Sos mengatakan,  hari ini kita akan melaksanakan Kegiatan rukyat hilal untuk menentukan masuknya awal Syawal 1442 H.  

Kegiatan ini merupakan bagian dari tugas yang dibebankan Negara kepada Kementerian Agama untuk menentukan masuknya awal bulan dalam tahun Hijriyah.

“Selain itu, kegiatan hari ini juga bagian dari dukungan Kemenag Lhokseumawe dalam penyediaan data hilal di daerah sebagai bagian dari proses sidang Isbat yang dilaksanakan oleh Kemenag RI sore nanti," terang Boihakki dilansir Kemenag Aceh.  

Dalam kegiatan ini, sejumlah alat juga telah dipersiapkan seperti alat Theodolite dan Telscope Ioptron. 

Rukyatul hilal merupakan metode pengamatan atau observasi terhadap hilal atau bulan sabit muda pasca matahari terbenam (ghurub). 

Kegiatan rukyat hilal ini sendiri akan dihadiri perwakilan dari MPU Kota Lhokseumawe, Mahkamah Syar’iyah Lhokseumawe, Dinas Syariat Islam Kota Lhokseumawe, IAIN Lhokseumawe serta Pimpinan Pondok Pesantren  yang ada di Kota Lhokseumawe. 

“Nantinya, hasil rukyat hilal hari ini akan langsung kita sampaikan ke tim BHR Kanwil Kemenag Provinsi Aceh”

“Mudah-mudahan cuaca hari ini cerah dan mendukung untuk dilakukan rukyat hilal,” jelas Kankemenag Lhokseumawe. 

Dalam pelaksanaan rukyatul hilal Syawal ini  menerapkan protokol kesehatan, setiap peserta yang hadir diwajibkan menggunakan masker dan menjaga protokol kesehatan.

“Untuk penetapan 1 Syawal 1442 H  secara resmi akan diumumkan oleh Menteri Agama Republik Indonesia melalu sidang Isbat yang akan digelar sore nanti,” tambahnya. (kmg|alifah) 

Subscribe to receive free email updates: