Jelang Ramadhan Pemkot Pekanbaru Vaksinasi Ribuan Ustadz

Memasuki bulan suci Ramadhan, Pemerintah Kota (Pemkot) Pekanbaru  melakukan vaksinasi Covid-19 kepada ribuan ustadz maupun penceramah masjid guna memberikan rasa aman bagi masyarakat.

Foto Ilustrasi
"Mereka juga salah satu prioritas penerima vaksin Covid-19 karena tokoh agama khususnya penceramah akan melakukan mobilisasi tinggi selama ramadhan ini," kata Sekretaris Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru dr Zaini Rizaldy Saragih di Pekanbaru, Kamis (8/4/2021).

Dikatakan Zaini, vaksinasi Covid-19 sudah dilaksanakan mulai 7 April hingga 9 April 2021 yang tergabung dalam vaksinasi massal Covid-19 bagi tokoh dan pemuka lintas agama, bertempat di dua lokasi yakni hotel Novotel Pekanbaru dan Sekolah Darma Yudha.

Disebutkanya, penceramah ini rentan terhadap penyebaran Covid-19 karena mobilitas yang dilakukan cukup tinggi dengan bertemu orang banyak saat berceramah.

"IKMI Riau mengajukan sekitar 1.300 penceramah untuk disuntik vaksin ke Pemko Pekanbaru, katanya mereka ini yang akan memberikan ceramah selama bulan Ramadan, di 1.370 masjid," kata Zaini.

Sementara itu Walikota Pekanbaru, Firdaus M.T usai meninjau pelaksanaan vaksinasi mengatakan, vaksinasi massal ini totalnya ada 10.000 orang, gabungan penceramah, tokoh agama, Ketua RT dan Ketua RW.

"Mereka yang mendapat vaksin merupakan rohaniawan, serta mubaligh dan imam masjid, anggota Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) tingkat kota, kecamatan hingga kelurahan," kata Firdaus.

Walikota mengimbau walau sudah di vaksin masyarakat tetap harus disiplin terapkan 4 M, yaitu menggunakan masker, rajin mencuci tangan, menjaga jarak dan menghindari kerumunan.

"Karena walau sudah divaksin masih rawan tertular Covid-19, jadi mari tetaplah terapkan 4M," katanya. (antara|alifah).

Subscribe to receive free email updates: