Hari Ini Kemenag Lampung Lakukan Ru'yatul Hilal Di Bukit Gelumpai

Senin ini (12/4/2021) Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung, Drs. H. Juanda Naim, M.H.,  akan melakukan Rukyatul Hilal untuk menentukan awal bulan Ramadhan Tahun 1442 H/2021 M.

Juanda Naim (Foto Kemenag Lampung)
Pihak Kanwil Kemenag akan melibatkan unsur terkait, baik itu instansi, ormas, dan elemen masyarakat dalam pelaksanaan Rukyatul hilal tersebut.

Di antaranya Tim Hisab Rukyat Provinsi Lampung, Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung, Pengadilan Agama, Majelis Ulama Indonesia (MUI), PWNU, Muhammadiyah Provinsi Lampung, dan elemen masyarakat lainnya.

"Ini merupakan agenda rutin dari Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung yang dilaksanakan setiap tahun bertujuan untuk menentukan awal bulan suci Ramadhan, 1 Syawal, dan 10 Dzulhijjah," kata Juanda kepada Humas Kanwil setempat, Ahad (11/4) via WhatsApp seperti dilansir website Kemenag Lampung.

Menurut Kakanwil, kegiatan pemantauan melalui penerawangan titik koordinat bulan penentuan 1 Ramadhan dilakukan tepat pada Pukul 16.30 WIB. 

"Hasil dari pelaksanaan Rukyatul Hilal ini akan langsung disampaikan kepada Kementerian Agama Republik Indonesia melalui Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syari'ah, untuk dijadikan bahan pertimbangan dalam penetapan Awal Bulan Ramadhan melalui sidang itsbat," tuturnya.

Disebutkan,  kegiatan rukyatul hilal pada Provinsi Lampung akan dilaksanakan di Bukit Gelumpai Pantai Canti Kalianda Kabupaten Lampung Selatan. (kmg|alifah)

Subscribe to receive free email updates: