Arab Saudi Putuskan Mulai Puasa Ramadhan Pada 13 April 2021

Mahkamah Agung Arab Saudi mengumumkan pada hari Ahad (11/4/2021) bahwa pihaknya  belum menerima laporan  terkait ru'yatul hilal (pemantauan hilal/bulan sabit) Ramadhan. 

Hilal
"Pengadilan akan mengadakan rapat pada Senin malam untuk membuat keputusan  sehubungan dengan awal bulan suci Ramadhan," katanya dalam sebuah pernyataan yang dilansir Saudigazette.com.

Dalam pernyataan sebelumnya menyebutkan bahwa Selasa 13 April 2021 akan menjadi hari pertama bulan suci Ramadhan setelah menggenapkan bulan Sya'ban hingga 30 hari. 
“Siapapun yang melihat bulan sabit dengan mata telanjang atau melalui teropong harus melapor ke pengadilan terdekat dan mendaftarkan kesaksiannya atau melaporkan kepada otoritas wilayah di daerah di mana dia melihat bulan sabit untuk memfasilitasi untuk menginformasikannya ke pengadilan terdekat,” kata pengadilan.

Pengadilan menambahkan, “Dalam hal tidak ada kesaksian tentang penampakan bulan sabit Ramadhan pada hari Ahad (11/4) maka bulan Sya'ban digenapkan jumlah harinya menjadi 30 hari. Dengan begitu  Syaban akan selesai pada hari Senin dan bulan puasa akan dimulai pada hari Selasa, 13 April. Hal ini sejalan dengan tradisi Nabi (saw)." (sg|azka).

Subscribe to receive free email updates: