Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Menag Gus Yaqut Gelar Haul Ke-17 Ayahanda KH Muhammad Cholil Bisri

Haul ke 17 atas wafatnya almagfurullah KH Muhammad Cholil Bisri, Sabtu malam (20/2/2021). KH Muhammad Cholil Bisri merupakan ayah dari Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas. Haul ini diperingati bersama keluarga besar Pondok Pesantren Raudhatut Thalibin, Leteh, Rembang, Jawa Tengah. 

Peringatan wafatnya kiai kharismatik yang akrab dipanggil Mbah Cholil Bisri tersebut digelar sederhana dan terbatas di  kediaman rumah dinas Menteri Agama, Kompleks Widya Chandra, Jakarta Selatan.  Acara haul juga turut diikuti ratusan kerabat, handai taulan dan sejumlah pegawai Kementerian Agama (Kemenag) dari berbagai daerah secara virtual.

Haul ke-17 Mbah Cholil Bisri  diawali dengan pembacaan Maulid Diba'i yang dipimpin oleh Tubagus Burhanudin. Kemudian rangkaian acara dilanjutkan dengan tahlil yang dipimpin oleh Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Ditjen Pendis Kemenag Waryono dan doa oleh Sekjen Kemenag Nizar.

Setelah rampung tahlil dan doa, Staf Khusus Menteri Agama Abdul Rochman menyampaikan sambutan singkat mewakili keluarga Gus Menteri. Abdul Rochman menuturkan, haul ke-17 Mbah Cholil Bisri malam ini digelar untuk melangitkan dan mengirimkan doa serta shalawat yang pahalanya dihadiakan kepada KH Muhammad Cholil Bisri. 

"Kita tahu teladan dan jasa beliau sangat besar dalam perkembangan Islam di nusantara. Beliau dikenal ulama alim yang selalu membimbing umat Islam dan beliau juga dikenal sebagai negarawan dan ayah bagi para santri. Begitu banyak teladan yang diwariskan beliau," kata Abdul Rochman.

Abdul Rochman merasa sangat terhormat karena diminta oleh Gus Menteri untuk mewakili atas nama keluarga.  Rochman menghaturkan terima kasih kepada semua yang telah mengikuti haul pada malam ini baik yang hadir secara fisik maupun virtual.  “Semoga Allah senantiasa memberkahi jalan hidup kita dan meridhai setiap langkah-langkah kita," harap Abdul Rochman.

Mbah Cholil Bisri lahir di Rembang, Jawa Tengah pada 12 Agustus 1942 atau bertepatan dengan 27 Rajab 1263 H. Mbah Cholil merupakan putra pertama dari pasangan KH Bisri Mustofa bin H Zaenal Mustofa dan Nyai Hj Ma’rufah binti KH Cholil Harun Kasingan Rembang. 

Semasa hidupnya, Mbah Cholil tak hanya dikenal sebagai kiai, namun juga penulis, dan politikus. Bahkan Cholil Bisri juga merupakan salah satu tokoh utama pendiri Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Beliau pernah menjabat sebagai Wakil Ketua MPR pada 2002 hingga 2004. Pada 7 Rajab 1424 H atau bertepatan dengan 24 Agustus 2004, Cholil Bisri wafat di Rembang.

https://kemenag.go.id/berita/read/515405/menag-gus-yaqut-gelar-haul-ke-17-ayahanda-kh-muhammad-cholil-bisri