Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kemenag Jabar Akan Bangun RS Mata di Kota Cirebon Dari Wakaf Tunai

Kanwil Kemenag Jawa Barat berkerjasama dengan Badan Wakaf Indonesia (BWI),  akan membangun Rumah Sakit Mata di Kota Cirebon. Pembangunan Rumah Sakit tersebut berasal dari dana wakaf tunai yang dikumpulkan para ASN di lingkungan Kemenag. 

Kakanwil Kemenag Jabar
"Kota Cirebon jadi pilihan utnuk pembangunan RS  tersebut, karena letaknya yang strategis," kata Kakanwil Kemenag Jabar Adib, pada kegiatan pengukuhan pengurus Persatuan Guru Madrasah (PGM) Indonesia Cabang Kota Cirebon di Gedung Korpri, Jl. Brigjen Dharsono, Kesambi  Kota Cirebon, Kamis (25/2/2021).

Kakanwil mengungkapkan bahwa wakaf tunai merupakan raksasa tidur yang harus dibangkitkan. Wakaf tunai apabila dibangkitkan dapat menyelesaikan persoalan umat. Karena belum menjadi kesadaran masyarakat, maka wakaf tunai terus didorong.

Wakaf tunai menjadi program Kemenag yang diluncurkan langsung oleh Menteri Agama. Pada tahap awal ASN di lingkungan Kemenag Prov. Jawa Barat berhasil mengumpulkan dana wakaf tunai hingga 800 Juta.

Hal itu menurut Kakanwil merupakan sebuah kesadaran yang muncul dari para ASN menyisihkan hartanya untuk wakaf. "Dana wakaf tunai akan disalurkan untuk membangun infrastruktur yang dibutukan umat, salah satunya pembangunan Rumah Sakit Mata," kata Adib yang dilansir situs Kemenag Jabar.

Selain itu, Kakanwil menyampaikan pula bahwa dalam anggaran 2021 akan dibangun Gedung Balai nikah dan Manasik Haji KUA Kecamatan Pekalipan Kota Cirebon. Pembangunan gedung tersebut berasal dari SBSN (Surat Berharga Syariah Negara). (kmg|alman).