Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Siswa MAN IC Batam Ikuti Program Pertukaran Pelajar di Jepang

Tiga siswa MAN Insan Cendekia (IC) Kota Batam, Muhammad Dion Karnegi, Muhammad Zikril Hakim, dan Farhan Azzura akan mengikuti Studi Exchange (Pertukaran Pelajar) ke Jepang dalam program Asia Kakehashi Project. Program ini diselengarakan oleh Bina Antarbudaya. 

Ketiga siswa  beserta 23 peserta lainnya terbang dari Bandara Soekarno Hatta menuju Bandara Kyoto, Jepang pada Kamis (12/11) malam. 

Keberangkatan mereka sempat tertunda karena pandemi Covid-19. Pemberangkatan semula dijadwalkan pada 31 Maret 2020. Para peserta akan mengikuti seluruh proses kegiatan di Jepang hingga Maret 2021.

Bina Antarbudaya selaku penyelenggara adalah organisasi nirlaba yang merupakan mitra AFS Intercultural Programs. Lembaga ini bertanggungjawab dalam melaksanakan program-program pertukaran pelajar seperti AFS (American Field Service) dan YES (Youth Exchange Studi). 

Baca juga: Siswa MAN IC Kota Kendari Lolos Pertukaran Pelajar ke Amerika

Setiap tahunnya, Bina Antarbudaya berusaha mengirimkan siswa-siswi terbaik dari seluruh Indonesia untuk mengikuti program pertukaran pelajar ke berbagai negara tujuan. Tahun ini, Bina Antarbudaya memilih sebanyak 26 (dua puluh enam) siswa terbaik untuk dikirimkan ke Jepang.

Baca juga: MAN 2 Tasikmalaya Madrasah Pertama Penggagas Pertukaran Pelajar Antar Negara

Sebelumnya, ketiga siswa MAN IC Batam telah melewati serangkaian proses seleksi yang cukup panjang dan ketat.  Proses seleksi tahap pertama (test online) dimulai pada 29 Juli-31 Agustus 2019. Adapun untuk tahap kedua (test wawancara) dan ketiga (dinamika kelompok), dilaksanakan pada 22 September 2019 bertempat di SMAN 3 Batam.

"Segenap Keluarga Besar MAN IC Kota Batam ikut berbangga dan bersyukur atas kesempatan yang diraih oleh tiga Siswa MAN IC kota Batam untuk Program Pertukaran Pelajar ke Kyoto Jepang. Semoga kesempatan emas ini dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk menimba ilmu dan pengalaman serta akses di Negeri Sakura yang sangat maju di bidang Sains dan Teknologi," ungkap Kepala MAN IC Batam Rudianto di Batam, dalam keterangan tertulisnya, Jumat (13/11/2020).

"Harapan kita, lolosnya tiga siswa ini dapat mendorong motivasi dan keinginan siswa lainnya untuk bertarung di tahun-tahun berikutnya agar bisa meraih kesempatan yang berharga ini. Terima kasih kepada lembaga promotor yang telah memfasilitasi dan juga guru pembimbing yang luar biasa telah mengarahkan mereka. Mudah-mudahan ini bisa menjadi Kontribusi mewujudkan Madrasah Hebat, Bermartabat," tambahnya. (kmg|ags|alifah)

Post a Comment for "Siswa MAN IC Batam Ikuti Program Pertukaran Pelajar di Jepang"