Sejak Dibukanya Kembali Umroh, Sekitar 790 Ribu Jamaah Telah Lakukan Umroh

Foto @HaramainInfo

Sejak dibukanya kembali kegiatan umroh untuk umum yang diikuti oleh warga negara asing, Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi mencatat sekitar 788.038 orang telah melakukan umrah.

Dalam wawancara dengan Arab News, Dr. Amr Al-Maddah, wakil menteri di Kementerian Haji dan Umrah, mengatakan bahwa semua visa dari luar negeri yang telah diajukan melalui agen  dan kantor perusahaan umrah bersertifikat telah diterima, asalkan memenuhi persyaratan yang diperlukan.

Dia mengatakan kantor pariwisata di luar negeri sedang mengikuti kontrak mereka dengan Kementerian Haji dan Umrah agar jamaah bisa datang untuk melakukan ritual umrah.

Sementara itu, Sheikh Abdulrahman Al-Sudais, presiden Presidensi Umum Urusan Dua Masjid Suci mengatakan akan menambah jumlah jalur di sekitar Ka'bah untuk mengakomodasi peningkatan jumlah jamaah umrah dan untuk mengalokasikan jalur bagi para jamaah lansia dan  penyandang disabilitas, serta jalur bagi mereka yang menggunakan kursi roda.

Baca juga: Kuota Haji Indonesia 2021 Masih Menunggu MoU dengan Saudi

Al-Maddah mengatakan bahwa selama tahap ketiga, protokol regulasi akan ditinjau untuk mempermudah  layanan bagi jamaah dan menilai setiap perubahan yang diperlukan.

Pendaftar  umrah dari luar negeri harus berusia antara 18 hingga 50 tahun, sesuai dengan persyaratan Kementerian Kesehatan. Mereka juga harus menyerahkan tes RT-PCR negatif COVID-19, yang dikeluarkan oleh laboratorium yang andal dan diambil 72 jam sebelum berangkat ke Arab Saudi.

Jemaah haji wajib memesan melalui aplikasi Eatmarna untuk menunaikan umroh, sholat di Masjidil Haram, mengunjungi Masjid Nabawi dan sholat di Raudhoh di Masjid Nabawi, sesuai dengan ketentuan dan kapasitas yang tersedia. Setiap jamaah juga harus memiliki tiket pesawat pulang pergi yang telah dikonfirmasi.

Al-Maddah menekankan: "Jamaah yang hanya memesan janji untuk sholat tidak dapat melakukan umrah karena mereka tidak akan bisa masuk ke area Tawaf." (arabnews.|azka).

Subscribe to receive free email updates: