Hadapi Haji 2021, Kemenag Siapkan Tiga Skenaria

Foto Humas Kemenag
Menteri Agama Fachrul Razi menegaskan  menghadapi haji 2021  pihaknya menyiapkan tiga skenario pemberangkatan haji, yakni: pemberangkatan jemaah haji dengan kuota penuh, kuota terbatas, dan tidak memberangkatkan jemaah haji. 

Menag menyatakan pemerintah  tetap bekerja untuk menyiapkan pelaksanaan ibadah haji 2021 dengan kuota penuh. Menag juga menegaskan pihaknya terus melakukan komunikasi dan lobi terkait penyelenggaraan ibadah haji 1442H/2021M.

“Kita semua berharap agar wabah ini segera berakhir, sehingga penyelenggaraan ibadah haji tahun 1442H/2021M dapat berjalan secara normal seperti penyelenggaraan ibadah haji pada tahun-tahun sebelumnya,” kata Menag dalam Rapat Kerja bersama  Komisi VIII DPR RI di Gedung Parlemen Senayan, Jakarta, Senin kemarin (23/11/2020).

Baca juga: Kuota Haji Indonesia 2021 Masih Menunggu MoU dengan Saudi

Baca juga: Kemenag Prov Jabar Lakukan Persiapan Penyelenggaraan Haji 2021

Menag menyampaikan, beberapa hari lalu, pihaknya mengutus Sekretaris Jenderal Kemenag Nizar dan Plt Dirjen Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Oman Fathurahman untuk melakukan pengawasan pelaksanaan umrah di masa pandemi pada 9 November 2020. 

“Beberapa hari yang lalu, Pa Nizar  dan Pa Oman menanyakan tentang itu (kuota haji). Jawaban mereka (Pemerintah Arab Saudi) masih terlalu dini untuk membicarakan tentang itu,” ungkap Menag.

Sementara Plt Dirjen Penyelenggara Haji dan Umrah Oman Fathurahman menambahkan, pemerintah Arab Saudi juga belum menetapkan batasan usia calon jemaah haji. 

“Ini penting disampaikan, karena beredar informasi di masyarakat bahwa usia jemaah haji akan dibatasi juga. Dengan ini kami sampaikan, bahwa hingga saat ini belum ada informasi pembatasan haji,” kata Oman. (kmg|azka).

Subscribe to receive free email updates: