Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ditengah Pelantikan PC DMI Kranggan, Digelar Pelatihan Pemulasaran Jenazah

Foto Kemenag Jateng

Pengurus DMI diminta untuk tidak hanya mewujudkan fungsi masjid sebagai tempat ibadah, akan tetapi dapat menjadikan sebagai pusat literatur keislaman. 

“Masjid adalah tempat terbaik di muka bumi, di masjid para hamba bersujud kepada Allah SWT, mereka shalat, berdzikir, bersholawat dan melaksanakan ibadah-ibadah lainnya," Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung, H. Ahmad Muhdzir, saat mengukuhkan  PC DMI Kecamatan Kranggan di Balai Desa Sanggrahan, Kamis (8/10). 

Di zaman Rasulullah SAW, katanya, masjid  difungsikan lebih luas lagi, tak hanya untuk kepentingan ibadah, namun juga untuk kepentingan sosial kemasyarakatan. Karena itu, masjid harus benar-benar dikelola dengan baik, dengan demikian, para jamaah dapat beraktifitas di masjid dengan nyaman, aman dan khusyuk.

Kepala Kemenag berharap kepada pengurus yang baru saja dikukuhkan dan dilantik, untuk dapat benar-benar mengelola masjid dengan baik, manajemen yang baik dan pembagian tugas yang baik dengan menerapkan tiga aspek menejemen dalam pengelolaan masjid, yakni idaroh, imaroh dan riayah. Serta beliau menghimbau agar dewan masjid bisa menjadi pionir mengamalkan Islam moderat.

Seusai pengukuhan Pengurus DMI,  dilanjutkan dengan pelatihan pemulasaran jenazah yang diikuti 75 orang peserta. Dalam pelatihan ini dipaparkan secara detail tentang tata cara mengurus jenazah dari cara memandikan, mengkhafani dan menguburkan sesuai syar’i.

Dalam kesempatan  ini peserta mendapatkan pengarahan dan pengetahuan tata cara  bagaimana cara memandikan yang benar dan baik untuk jenazah laki-laki maupun perempunan. Dipraktekkan juga cara mengkhafani jenazah yang benar dan sesuai ajaran Islam. 

Peserta sangat antusias mengikuti pelatihan ini karena bisa dijadikan pedoman yang benar. Tujuan diadakan pelatihan ini untuk mengajarkan cara perawatan jenazah yang benar kepada masyarakat khususnya takmir masjid yang ada diseluruh Kecamatan Kranggan.(kmg|alfa).

Post a Comment for "Ditengah Pelantikan PC DMI Kranggan, Digelar Pelatihan Pemulasaran Jenazah "