Pembukaan MTQ Kepulauan Riau, Ada 5 Peserta Terkonfirmasi Positif Covid-19

Pembukaan MTQ Prov. Kepri (Foto Kemenag Kepri)

Wakil Menteri Agama RI,  Zainut Tauhid Sa'adi secara resmi membuka  Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) VIII Kepulauan Riau di Dataran Gurindam Dua Belas Tanjungpinang, Sabtu, 19 September 2020. 

Dalam amanatnya,  Zainut Tauhid  mengatakan ditengah wabah harus patuh terhadap aturan yang dikeluarkan oleh pemerintah untuk menyelesaikan wabah Covid19. Saat ini bangsa Indonesia menjadi kiblat Islam dunia dimana MTQ menjadi budaya bangsa yang mengakar bahkan terasa sampai ke desa. 

"Meski MTQ identik dengan Islam namun dalam pelaksanaannya melibatkan seluruh anak bangsa", ujar Wamenag. 

Wamenag mengatakan MTQ menjadi momentum untuk melestarikan kerukunan. Kerukunan, toleransi dan gotong royong menjadi perekat dalam keberagaman. MTQ harus melahirkan tokoh-tokoh Islam yang mendunia yang menjadi alat diplomasi budaya dengan dunia luar. 

"Jadikan MTQ menjadi ajang cari bakat bakat dalam memahami Alquran. MTQ menjadi kawah candradimuka dalam pencarian bibit-bibit tokoh-tokoh Islam dunia," sambungnya.

"Ingat Raja Ali Haji menjadi tokoh sentral dalam pengembangan Al-Quran pada masanya hingga berpengaruh pada peradaban dunia," tegasnya. 

Menurut Wamenag, MTQ Nasional 2020 di Sumbar akan dilaksanakan dengan menjaga protokol kesehatan.

Kegiatan MTQ di Kepri ini dilangsungkan dengan protokol kesehatan yang ketat. panitia MTQ VIII Kepulauan Riau sudah melakukan Rapid Tes kepada seluruh panitia, peserta, dewan hakim, panitera, petugas lapangan, undangan dan stake holders MTQ.

Dari rapid test yang dilakukan terhadap 1.505 orang diperoleh kesimpulan sebanyak 1.447 orang Non Reaktif. 59 orang reaktif dan dilanjutkan dengan tindakan swab dan ditemukan 2 kasus konfirmasi positif Covid19. 

Swab juga dilakukan terhadap tamu dan undangan yang berasal dari luar Kepri dengan hasil ditemukan terkonfirmasi positif 3 orang. 

Dengan demikian dalam kegiatan rapid tes dan swab terdeteksi 5 kasus positif Covid19 dalam rangkaian MTQ VIII Kepulauan Riau. Dari hasil tersebut 3 orang sudah dirawat di rumah singgah RSUD Raja Ahmad Thabib Kepulauan Riau dan sisanya isolasi mandiri. Peserta pada dasarnya telah melakukan rapid tes di kabupaten/ kota.

Di lokasi acara dilaksanakan pemeriksaan suhu tubuh dan sanitizer di pintu masuk arena utama. Panitia juga melakukan pengaturan jarak aman. Sebanyak 500 anggota TNI, Polri dan Satpol PP dilibatkan untuk mengendalikan penerapan protokol kesehatan.

Seluruh stakeholders sepakat untuk menerapkan protokol kesehatan dengan memakai masker, physical distancing dan menghindari kontak dan selalu mencuci tangan.

Sekda Kepulauan Riau TS. Arif Fadillah mengatakan pelaksanaan MTQ dengan protokol kesehatan bertujuan mencegah munculnya cluster baru. MTQ dilaksanakan memperhatikan simulasi pelaksanaan MTQ berbasis protokol kesehatan di propinsi lain.  Ada 8 Cabang dengan 48 Golongan yang dilombakan.

MTQ juga melibatkan 15 Dewan Hakim Nasional dengan penilaian berbasis IT agar mudah diakses masyarakat sehingga lebih transparan. MTQ VIII Kepri bertabur bonus pembinaan. Juara I mendapatkan hadiah Rp.50juta, Juara II mendapatkan hadiah Rp.40juta dan Juara III mendapatkan hadiah Rp.30 juta.

Sementara itu Gubernur Kepulauan Riau H. Isdianto dalam sambutannya  mengatakan MTQ adalah kegiatan keagamaan yang telah membudaya di Indonesia dimulai dari desa, kecamatan, kabupaten/kota, propinsi, nasional dan internasional. Tujuannya untuk menumbuhkembangkan minat baca Al-Quran masyarakat. 

Meskipun dilaksanakan dengan protokol kesehatan namun pihaknya berharap agar pelaksanaan MTQ tetap berjalan lancar sebagai bahan evaluasi pendidikan Al-Quran berbasis masyarakat, pembinaan SDM berkualitas dari aspek keimanan dan ketaqwaan dan menjalin persaudaraan, persatuan dan kebersamaan dalam upaya mencari calon peserta MTQ Nasional pada Nopember 2020 di Sumatera Barat. 

"Prestasi Kepri pada MTQ terakhir finish di posisi ke empat secara nasional. Dengan demikian harus ada peningkatan prestasi," kata Isdianto. (rls|alifah).


Subscribe to receive free email updates: