Kemenag Prov Jabar Lakukan Persiapan Penyelenggaraan Haji 2021

Untuk pelaksanaan penyelenggaraan haji 2021 Kemenag Jawa Barat, tetap dipersiapkan, Ia pun berharap Pandemi Covid-19 akan segera berakhir. Ia juga  melakukan beberapa inovasi termasuk diantaranya pembangunan Asrama Haji di Indramayu.

Foto Kemenag Jabar

Hal itu disampaikan Kepala Kemenag Jawa Barat, Adib, dalam acara Jagong Masalah Haji dan Umrah (Jamarah) yang diselenggarakan di Hotel Sari Ater, Selasa (8/9/2020).

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kanwil Kemenag Jawa Barat dengan mengundang 3 Narasumber yaitu Anggota Komisi 8 DPR RI, Maman Imanulhaq, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Jawa Barat, Adib, dan Kepala Biro Pelayanan dan Pengembangan Sosial Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Barnas Adjidin.

Dalam kesempatan itu Adib menjelaskan bahwa pembatalan pemberangkatan jamaah haji tahun ini adalah untuk keselamatan jiwa  yang dikarenakan Pandem Covid-19 yang sedang merebak di seluruh dunia.

“Saat ini sedang berlangsung pembangunan Asrama Haji Indramayu dan targetnya tahun depan asrama haji ini sudah dapat digunakan oleh Jemaah haji, sehingga diharapkan pemberangkatan melalui Bandara Internasional Jawa Barat Kertajati dapat terlaksana dengan lancar,” terangnya dalam keterangan tertulisnya.

Adib juga menginformasikan bahwa untuk pembangunan Asrama Haji Indramayu, Pemerintah Provinsi Jawa Barat ikut membantu dengan memberikan dana hibah untuk pendirian masjid di lingkungan Asrama Haji.

Menanggapi pemberian dana hibah dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Barnas Adjidin, Kepala Biro Yanbangsos Pemprov Jabar,  menerangkan bahwa pemberian dana hibah ini untuk meningkatkan pelayanan Jemaah haji Jawa Barat.

“Maka kami secara terbuka akan terus bersinergi demi kepentingan pelayanan masyarakat Jawa Barat,” ujarnya.

Maman pun menjelaskan bahwa sebenarnya persiapan pemberangkatan Jemaah haji tahun ini sudah matang, apalagi dengan rencana akan diberangkatkan melalui Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati.

“Tetapi dengan adanya pembatalan pemberangkatan haji tahun ini karena Pandemi Covid-19 demi keselamatan Jemaah haji, akhirnya rencana ini harus kita undur,” tuturnya.

Ia berharap dengan beberapa inovasi yang sedang dilakukan oleh Jawa Barat akan menambah kenyamanan dan keamanan Jemaah haji dalam melaksanakan ibadah haji.

Kegiatan Jamarah ini diakhiri dengan tanya jawab antara peserta dengan narasumber mengenai perkembangan haji dan umrah saat ini. (kmg|ulul).

Subscribe to receive free email updates: