Konsul KJRI Jeddah Pantau Kebijakan Pembukaan Umrah


Penyelenggaraan ibadah haji 1441H selesai pada 12 Zulhijjah atau 2 Agustus 2020. Selesainya gelaran haji sekaligus menandai dibukanya musim penyelenggaraan  umrah. 


Konsul Haji KJRI Jeddah Endang Jumali mengaku terus memantau kebijakan Arab Saudi terkait kemungkinan dibukanya umrah.

"Saya kemarin sudah kontak dengan bagian teknis di Kementerian Haji Arab Saudi, membicarakan kemungkinan rapat membahas pelaksanaan umrah paska haji 1441H,” ujar Endang melalui pesan singkat, dilansir Humas Kemenag Selasa (4/8/2020).

Sejak akhir Februari 2020, penyelenggaraan ibadah umrah ditangguhkan. Saat itu, berkenaan merebaknya pandemi Covid-19 di berbagai negara, Saudi mengeluarkan kebijakan untuk menangguhkan sementara akses masuk ke negaranya, baik untuk umrah maupun ziarah.

Baca juga: Pemberangkatan Umrah 1442 H, Masih Menunggu Kebijakan Saudi


Endang berharap  musim umrah akan segera dibuka. Apalagi, jumlah kasus Covid-19 di Saudi juga terus turun. Data per 25 Juli 2020 misalnya, ada 2.200 kasus.

Sementara per 2 Agustus lalu sudah terus menurun menjadi 1.357 kasus. Jika trend Covid-19 terus menurun, katanya, tidak menutup kemungkinan penerbangan internasional akan kembali dibuka, termasuk untuk jemaah umrah.

"Suksesnya penyelenggaraan haji dengan penerapan protokol kesehatan akan menjadi role model penyelenggaraan umrah. Saya yakin jika umrah dibuka, maka protokol kesehatan akan diterapkan secara ketat," tegasnya.

"Bisa jadi, Saudi juga memberlakukan persyaratan ketat, utamanya terkait protokol kesehatan, kepada negara pengirim jemaah umrah,” tandasnya. (rls|azka).

Subscribe to receive free email updates: