Tunjang Pembelajaran Daring, MTsN 1 Kudus Bangun Studio Rekaman

Foto MTsN 1 Kudus
Mempersiapkan proses pembelajaran jarak jauh (PJJ) yang menarik serta komunikatif untuk para siswa yang saat ini  belajar daring, MTS Negeri 1 Kudus melaksanakan kegiatan rekaman video pembelajaran di Studio baru Rabu pekan lalu (22/7/2020).

Kegiatan ini intens dilaksanakan sejak tahun ajaran baru 2020/2021.


Ada yang menarik dari studio baru milik MTsN 1 Kudus ini. Studio yang diberi nama "An-Nahl Studio" ini dibangun tanpa perencanaan di tahun anggaran sebelumnya karena sifatnya mendadak sebagai akibat adanya pandemi Covid-19.

Pengerjaan studio ini pun hanya dikerjakan selama 2 minggu saja karena deadline tahun ajaran baru harus sudah siap dipakai untuk produksi video pembelajaran bagi guru-guru MTsN 1 Kudus.

Hal ini sesuai arahan H.M Taufiq Hidayat, S.Ag,M.Pd, Kepala MTsN 1 Kudus bahwa madrasah harus memberikan pengajaran kepada peserta didik yang efektif dan semenarik mungkin meskipun proses pembelajaran dilakukan secara Daring atau Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

Kehadiran Studio ini merupakan angin segar untuk guru-guru MTsN 1 Kudus dimana mereka sangat terbantu dalam mempersiapkan pembelajaran untuk anak didiknya, terbukti guru-guru MTsN 1 Kudus begitu antusias dan rela antre untuk mendapatkan jadwal rekaman video pembelajarannya yang  video tersebut  dibagikan ke peserta didik melalui website e-learning madrasah yang ditautkan ke channel youtube madrasah.


An-Nahl Studio ini nantinya tidak hanya digunakan sebagai sarana produksi video pembelajaran saja melainkan untuk pengembangan minat dan bakat peserta didik yang memiliki potensi di bidang bernyanyi, vlogging, publik speaking, jurnalistik dan bidang kreatif lainnya yang bisa dipublis secara live/langsung melalui youtube.

Inovasi MTsN 1 Kudus dalam pembuatan studio ini secara tidak sengaja juga memberikan suntikan semangat di beberapa madrasah di Kabupaten Kudus dan Pati untuk ikut juga membangun sebuah studio multifungsi seperti An-Nahl Studio.

"Mereka sudah berkomunikasi dengan kami perihal peralatan apa saja yang dibutuhkan serta bagaimana typologi/rangkaian perangkat studio," ujar Dimas Maulana, salah satu tim kreatif Studio dilansir website resmi Kemenag Jateng.

Semoga ini bisa memberikan inspirasi kepada madrasah-madrasah lain sehingga menjadikan madrasah semakin di depan, kuat dan berjaya seperti Slogan kita "MADRASAH HEBAT BERMARTABAT". (kmg|alfa).

Subscribe to receive free email updates: