Karena Tak Mudik, Gubernur Ganjar Beri Bantuan Santri

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menaruh perhatian khusus terhadap puluhan ribu santri yang mondok di sejumlah pondok pesantren di Jawa Tengah karena tidak pulang kampung.

Untuk membantu para santri itu, Ganjar memberikan bantuan Rp2,3 miliar. Bantuan ini diserahkan untuk para santri yang tidak mudik itu.

Bantuan yang berasal dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Jateng diserahkan secara simbolis oleh Ganjar kepada salah satu pengurus pondok pesantren di Jateng saat acara di Masjid Baiturrahman Semarang, Rabu (13/5/2020).

Selain penyerahan bantuan untuk para santri, dalam kesempatan itu juga diserahkan bantuan 2.000 paket sembako dari berbagai Lembaga Amil Zakat (LAZ) Jawa Tengah kepada Pemkot Semarang.

“Di Jawa Tengah, masih ada 23.000 lebih santri yang ada di 400 pondok pesantren. Mereka memutuskan untuk tidak pulang. Jadi kami memberikan bantuan kepada para santri yang tidak mudik ini,” kata Ganjar dilansir jpnn.com.

Para santri tersebut, tak hanya dari Jateng, banyak pula santri yang berasal dari luar jawa.

“Mereka adalah patriot bangsa karena rela tidak pulang sehingga hidupnya harus kita jamin. Saya berpesan pada pengurus pondok pesantren untuk menjaga agar tidak pulang, ngaji saja di pondok,” tegasnya.

Selain para santri, Ganjar juga memastikan bantuan pada masyarakat yang membutuhkan untuk beberapa kota di Jawa Tengah juga sudah diberikan.

Baca juga: Pengayuh Becak Terkejut Dapat Bantuan Sembako dari Istri Gubernur Ganjar Pranowo

“Untuk kawan-kawan kita yang ada di Jabodetabek, kami juga akan segera kirim bantuan. Insyaallah minggu depan kami kirim agar mereka di sana terjamin,” tutupnya.

Sementara itu, salah satu pengurus pondok pesantren Al-Mas’udiyah Bandungan Semarang, Muhammad Tohirudin mengatakan, bantuan dari pemerintah itu sangat membantu para santri. Di pondoknya, ada 340 santri yang tidak pulang. (jpnn|azka).

One thought on “Karena Tak Mudik, Gubernur Ganjar Beri Bantuan Santri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.