11 Calon Petugas TPHD Dan TKHD Kabupaten Rokan Hilir Ikuti Seleksi

foto kemenag rohil

Sebanyak  11 orang dari kalangan Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan masyarakat umum mengikuti tes seleksi untuk masuk dalam Tenaga Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD) dan Tim Kesehatan Haji Daerah (TKHD) Kabupaten Rokan Hilir  tahun  1441 H/2020 M, Rabu (11/03/2020).

Rekrutmen petugas Haji TPHD dan TKHD ini terdiri 7 TPHD dan 4 TKHD yang berlangsung di Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rokan Hilir.

Mereka, masing-masing satu orang untuk TPHD dan satu orang untuk TKHD akan ikut mendampingi para calon haji (Calhaj) yang akan berangkat ke tanah suci pada 2020.

Baca juga: Laporkan Jika Jamaah Tidak Mendapat Layanan Baik Dari TPHD

Sebelum tes dimulai, pelaksanaan rekrutmen calon petugas haji Kabupaten Rohil dibuka oleh Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rohil, H. Hasbullah, S.Ag dan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Rohil, Damsir. Mereka diuji dengan ilmu fiqih, manajemen, kesehatan, pemecahan masalah dan kemampuan memahami Al Quran.

“Tugas TPHD dan TKHD adalah membantu kelancaran para jamaah haji dalam melaksanakan ibadah haji mulai dari pemberangkatan sampai kembali ke Tanah Air, melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait menyangkut kelancaran dan kesuksesan pelaksanaan ibadah haji dan melaporkan hasil pelaksanaan Ibadah Haji kepada Bupati Rohil dan Gubernur Riau,” kata Hasbullah dalam keterangannya di laman Kemenag Riau.

Kasi PHU menambahkan, seleksi TPHD sudah berlaku sejak dua tahun yang lalu dan beberapa kabupaten sudah melaksanakannya. Sedangkan di Kab. Rohil baru kali ini TPHD dan TKHD dilaksanakan dengan seleksi berjenjang, jenjang Kabupaten dan jenjang Provinsi.

“Yang akan mengikuti seleksi tingkat provinsi 4 orang, 2 orang TPHD dan 2 orang TKHD. Sedangkan hasil seleksi provinsi hanya di ambil 2 orang yang akan menjadi petugas, 1 orang TPHD dan 1 orang TKHD,” kataKasi PHU merinci. (kmg/azka).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.