MAN IC Gorontalo Sabet Medali di Ajang Olgenas UGM



Tim MAN IC Gorontalo Abdul Hakim dan Moh. Syafrian Samu (ke-2 dan 3 dari kiri), serta Akhyar dan Dhimas (ke-5 dan 6 dari kiri) foto bersama Dinda Al Anshori Ketua BEM Fakultas Geografi UGM (tengah) yang juga alumni MAN IC Gorontalo di kegiatan OLGENAS. (kemenag gorontalo). 

Mengawali tahun 2020, siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia (IC) Gorontalo ini  kembali meraih prestasi nasional. Dua siswanya membawa pulang medali pada Olimpiade Geografi Nasional (OLGENAS),  menyabet predikat tim terbaik dari Sulawesi.

Olimpiade itu digelar pada 15 sampai 17 Januari 2020 di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, dan diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Geografi UGM, dimana Ketuanya Dinda Al Anshori merupakan alumnus MAN IC Gorontalo.

Dikutip dari situs Kemenag Gorontalo, pada lomba bertajuk OLGENAS International Geolympiad 2020 itu, MAN IC Gorontalo mengirimkan dua tim. Diantaranya adalah tim 1 terdiri dari Dhimas Purwanto Putra dan Akhyar Izza Rizqillah, keduanya dari kelas XI IPS.

Sementara tim 2 terdiri dari Mohamad Syafrian Samu dari kelas XI Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dan Abdul Hakim Al Jauhar Ibnu Zain dari kelas XI Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) yang berada dalam satu tim dan berhasil menyabet medali perak serta mendapatkan predikat The Best Region Sulawesi.

OLGENAS itu sendiri, penyelenggaraannya sudah menginjak tahun ke-15, dan diperuntukkan bagi siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat seluruh Indonesia dan mancanegara. Pesertanya pun merupakan tim yang terdiri dari dua orang siswa.

Wakil Kepala Madrasah Bidang Kesiswaan Trisnawati mengatakan, prestasi siswanya ini tidak lepas dari peran para pembina, alumni, dan juga orangtua.

“Capaian prestasi di OLGENAS ini, tidak lepas dari bimbingan para guru pembina, peran alumni yang membimbing dan mendampingi adik-adiknya di kegiatan ini, serta juga dukungan orangtua. Sehingga anak-anak kami bisa mengikuti lomba ini dengan baik,” tutur Trisnawati saat dihubungi  di ruang kerjanya, Senin (20/01/2020).

Sementara itu salah satu siswa peserta lomba, Mohamad Syafrian Samu mengungkapkan rasa senangnya bisa membawa medali untuk madrasahnya.

 “Alhamdulillah, saya merasa senang di OLGENAS tahun ini, saya bisa mempersembahkan medali untuk MAN IC Gorontalo. Saya berharap adik-adik saya di tahun-tahun mendatang bisa mendapatkan prestasi yang lebih baik lagi,” ujar putra Gorontalo yang akrab disapa Rian ini. (kmg/ulul).

Subscribe to receive free email updates: