Kemenag Klaten Gelar Pembinaan Penyuluh Agama


foto kemenag klaten

Penyuluh Agama Islam Fungsional Kantor Kementerian Agama Kabupaten Klaten mengikuti pembinaan rutin bulanan, bertempat di RM Nur Kholis S. Trucuk Klaten, Senin(13/1/2020).

Kasi Bimas Islam Kemenag Klaten, Hartanto mengatakan, optimalisasi peran Penyuluh Agama Islam (PAI) di masyarakat menjadi tujuan pelaksanaan pembinaan.

Hartanto menyampaikan, bahwasanya melaksanakan dan mengembangkan kegiatan bimbingan/ penyuluhan agama dan mensukseskan program-program pembangunan melalui pintu dan bahasa agama merupakan tugas penyuluh.

“Penyuluh berperan sebagai pembimbing masyarakat, sebagai panutan dan sebagai penyambung tugas pemerintah," tandas Hartanto.
Tugas PAI saat ini dihadapkan pada suatu kondisi masyarakat yang berubah dengan cepat yang mengarah pada masyarakat fungsional, masyarakat teknologis, masyarakat saintifik dan masyarakat terbuka yang didukung oleh pesatnya perkembangan teknologi dan sumber informasi.

“PAI secara terus menerus harus meningkatkan pengetahuan, wawasan dan pengembangan diri serta teknik dalam penyampaian ke masyarakat, sehingga ada korelasi faktual terhadap kondisi dan kebutuhan masyarakat,” katanya.

Tantangan para penyuluh agama Islam tidaklah ringan. Tentunya akan melalui proses yang diawali dengan pembinaan diri pribadi dan keluarga. Setelah itu baru meningkat pada pembinaan masyarakat.

 "Oleh karena itu, penyuluh agama Islam harus bisa menjadi suri teladan yang baik di masyarakat," pinta Hartanto.

Kepada PAI, disamping memberikan kajian-kajian ilmu dan pemahaman agama, diminta untuk selalu memberikan pembinaan terhadap pelaksanaan ibadah dan selalu waspada terhadap berita dan informasi bohong (berita hoax) yang sering tersebar melalui media sosial.
"Dalam menyikapi berita hoax, hendaknya kita berhati-hati dan bijak untuk menyikapinya. Kita harus tabayyun dengan mengecek terlebih dahulu sumber dan kebenarannya," terangnya.

"Selain itu, ini dimaksudkan agar penyuluh agama lebih intensif berkomunikasi dengan stakeholder untuk meningkatkan kualitas penyuluhan sebagai upaya mengatasi permasalahan yang dialami oleh umat," imbuhnya. (kemenag klaten/alfa).

Subscribe to receive free email updates: