Jelang Alih Status, STAIN Takengon Diperkuat Puluhan Doktor


foto kemenag
Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Gajah Putih Takengon, Aceh akan segera diperkuat dosen berkualifikasi doktor. Pasalnya, banyak para dosen STAIN Takengon yang sebentar lagi menyelesaikan kuliah doktoralnya.

“Pada Tahun Akademik 2020 ini, paling tidak 18 dosen yang menyelesaikan pendidikan dan memperoleh gelar Doktor,” terang Ketua STAIN Gajah Putih Takengon Zulkarnain usai mengikuti Harmonisasi Rancangan Peraturan Presiden tentang IAIN Takengon di Jakarta, Selasa (14/1/2020).

“Ada 10 dosen kuliah doktoral untuk program studi Pendidikan Islam dan dua dosen pada program studi Ekonomi Syari'ah. Mereka kuliah di Universitas Islam Negeri (UIN) Sumatera Utara. Semuanya sudah selesai proses sidang tertutup. Enam dosen lainnya juga harus menyelesaikan S3-nya dan kembali bertugas tahun ini,” lanjutnya.
Zulkarnain menambahkan, program doktoral menjadi upaya STAIN Takengon untuk memperuat SDM dosen. Selain dalam rangka memperkuat kapasitas keilmuan, program ini juga untuk memperkuat kapasitas kelembagaan dalam rangka alih status menjadi Institut Agama Islam Negeri (IAIN).

“Proses alih status sudah hampir selesai. Persetujuan permohonan ijin prakarsa penyusunan atas rancangan Perpres tentang IAIN Gajah Putih Takengon dari Kemenpan dan Reformasi Birokrasi sudah keluar,” jelasnya.

“Kami berharap semoga transformasi ini akan berdampak positif terhadap peningkatan mutu dan kualitas lembaga serta menjadi kebanggaan bagi masyarakat Aceh,” tandasnya.

Terpisah, Direktur Pascasajana UIN Sumatera Utara Syukur Kholil mengapresiasi mahasiswa S3 STAIN Gajah Putih Takengon. Menurutnya, mereka ulet dan fokus dalam mengikuti proses perkuliahan.

"Kita apresiasi mahasiswa S3 dosen STAIN Gajah Putih mereka cukup ulet dan kerja keras dalam proses perkuliahan juga dalam proses menyelesaikan Disertasi mereka," ujarnya.
Selain 18 dosen yang akan menyelesaikan kuliahnya dan kembali bertugas tahun ini, ada 18 dosen lainnya yang masih menjalani program Doktoral pada sejumlah universitas, dalam dan luar negeri. Jadi total ada 36 dosen STAIN Takengon yang sedang kuliah program doktoral. (kemenag/ulul).

Subscribe to receive free email updates: