Alur Keberangkatan Jemaah Haji Jawa Barat dari Embarkasi Bekasi ke Bandara Kertajati

Bandara Kertajati Jawa Barat tahun ini dapat dipastikan akan mulai dioperasikan sebagai bandara keberangkatan bagi jemaah haji asal Provinsi Jawa Barat.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Jawa Barat, Buchori mengatakan keberangkatan jemaah haji asal Jawa Barat kini tidak lagi melalui Bandara Soekarno-Hatta Cengkareng tapi akan melalui Bandara Kertajati.

“Alur keberangkatan jemaah haji asal Jawa Barat tahun ini akan melalui Bandara Kertajati,” kata Buchori saat pemaparan simulasi alur keberangkatan jemaah haji Jawa Barat dihadapan Menteri Agama, Fachrul Razi di Asrama Haji Bekasi. Selasa (7/1/2020).

Alur pertama, kata Buchori adalah proses penerimaan jemaah haji kepada Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Bekasi. Menurutnya penyerahan jemaah ini biasanya diserahterimakan langsung dari Bupati atau Walikotanya.

Baca juga: Menag: GACA Saudi Setuju Kertajati Jadi Embarkasi Haji 2020

“Biasanya yang menyerahkan ini adalah rata-rata bupati dan walikota, jadi diserahkan disini dalam proses penerimaan ini tidak lama kita butuh waktu hanya 2 jam,” jelasnya dalam keterangan tertulisnya yang diperoleh TVHaji.net.

Tahap kedua adalah pemeriksaan kesehatan jemaah haji dan dokumen haji seperti pembagian paspor, living cost serta gelang. Bila jemaah haji telah memenuhi persyaratan tersebut, maka bisa langsung masuk ke kamar-kamar asrama haji.

“Setelah itu dianggap memenuhi persyaratan-persyaratan yang harus dibawa ke Saudi, jemaah langsung masuk ke asrama haji itu juga membutuhkan waktu sekian jam,” katanya.

Tahap berikutnya adalah saat beristirahat di asrama haji, tahun ini jemaah haji akan beristirahat kurang lebih 8,5 jam dibandingkan tahun lalu jemaah haji beristirahat kurang lebih 9 jam.

Buchori juga menjelaskan waktu tempuh perjalanan dari Embarkasi Bekasi ke Bandara Kertajati akan memakan waktu kurang lebih 4 jam dibanding waktu tempuh dari Embarkasi Bekasi ke Bandara Soekarno-Hatta Cengkareng yang hanya menempuh waktu lebih kurang 2 jam.

“Dengan mempertimbangkan jarak ini, kami memangkas waktu istirahat jemaah haji menjadi 8,5 jam,” ujarnya.

Ia juga berharap, jemaah haji Jawa Barat tetap mendapatkan fasilitas Fast Track, sehingga proses imigrasi sudah dilakukan semua di Tanah Air.

“Saya berharap Pak Dirjen untuk tahun yang akan datang jangan berubah karena kemarin itu kan kita mendapatkan dengan Fast Track itu, kan jemaah haji kita tidak lagi diperiksa di Saudi untuk jadi turun dari pesawat itu dia langsung masuk, nah jadi pemeriksaan itu terakhir baru kita proses pemberangkatan,” pungkasnya. (azka).

3 thoughts on “Alur Keberangkatan Jemaah Haji Jawa Barat dari Embarkasi Bekasi ke Bandara Kertajati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.