Wamenag Zainut Tauhid Bicara Moderasi Beragama di Silatnas HIPMMA 2019


Wamenag Zainut Tauhid (Foto:Fkusuma)

Di hadapan ratusan santri dan undangan di gelaran Silatnas HIPMMA Silaturahmi Nasional Himpunan Mutakhorijin Mutakhorijat Al-Anwar (HIPMMA) 2019, Wakil Menteri Agama (Wamenag) Zainut Tauhid bicara soal Moderasi Beragama yang menjadi program unggulan pemerintah 2019-2024. "Saya ingin memberi informasi ada agenda besar pemerintah dan menjadi agenda kita bersama yakni program Moderasi Beragama. Ini adalah program unggulan di seluruh kementrian dan lembaga," kata Wamenag, di Sarang, Rabu (13/11/2019) dalam rangka memperingati 100 hari wafatnya Al Maqfurlah KH Maimoen Zubair atau Mbah Moen.
"Program ini adalah membangun kehidupan keagamaan yang moderat atau tidak ekstrem dan tidak gampang menilai orang dengan sebutan bid'ah dan kafir," sambung Wamenag dikutip situs Kemenag RI.
Dijelaskan Wamenag, Moderasi Beragama penting dalam rangka membangun Ukhuwah Islamiyah dan Ukhuwah Wathaniah di Indonesia. Wamenag menilai banyak hal yang sifatnya bukan pokok (ushul) tapi menyita energi dan dapat merusak ukhuwah.
"Misalnya yang baru-baru ini terkait salam bagi semua agama. Yang satu mengatakan haram dan satu lagi mengatakan tidak apa-apa. Ini jelas membingungkan umat," ujar Zainut Tauhid.
"Hal seperti ini semestinya tidak harus merusak ukhuwah umat," sambungnya.
Baca juga: Ini Tiga Hal Penting Moderasi Beragama Menurut Menteri Agama
Baca juga: Ditjen Pendidikan Islam Susun Buku Moderasi Beragama

Selain bicara moderasi beragama, Wamenag juga membahas UU No 18 tahun 2019 tentang Pesantren yang merupakan bentuk pengakuan pemerintah. "UU Pesantren ini adalah bentuk pengakuan dan pembelaan negara bukan intervensi kepada pesantren. Sekali lagi pemerintah tidak akan intervensi pesantren melalui UU Pesantren dan pemerintah tetap akan mempertahankan ciri khas dan tradisi pesantren," tutur Wamenag.
Silatnas HIPMMA 2019 juga menggelar Halaqoh Ilmiah dengan menghadirkan dua narasumber yakni KH Bahaudin NS atau Gus Baha dan KH Zuhrul Anam. (kmg/alfa).

Subscribe to receive free email updates: