Peringatan Maulid Nabi di MTsN 1 Mojokerto, Siswa Diajak Teladani Sifat Nabi

Maulid di MTsN 1 Mojokerto. Foto Kemenag Jatim
Kekhidmatan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1441 H di MTsN 1 Mojokerto pada Selasa (12/11/2019) dirasakan seluruh siswa yang mengikutinya. Bertempat di halaman madrasah, acara diikuti oleh seluruh siswa kelas 7, 8, 9 serta GTK.
Dengan tertib, semuanya mengikuti rangkaian acara peringtan Maulid Nabi. Dimulai dengan pembacaan ayat suci Al Quran, sambutan dilanjut pembacaan Salawat & Diba’. Semua turut membaca Salawat & Diba’. Selesai pembacaan Barjanji diteruskan dengan ceramah agama diakhiri doa.
Dalam sambutannya, Kabag TU, Imam Musta’in mengungkapkan, kata  peringatan adalah mengingat. Siswa diingatkan keadaan pada zaman jahiliyah dan dikaitkan dengan kondisi saat ini. Meski teknologi canggih, namun masih banyak perilaku orang yang perlu diperbaiki.
Ia  mengutip hadits tentang tugas Nabi Muhammad SAW, “Sesungguhnya aku diutus hanya untuk menyempurnakan keshalihan perilaku.” (HR. Al-Baihaqi). Tujuan peringatan ini, lanjutnya, sebagai upaya membuat tanda agar kita dikenal sebagai ummat Nabi Muhammad SAW.
Ketika ceramah agama, KH. Falaqul Alam mengajak siswa secara interaktif memaknai peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1441 H dengan pertanyaan awal mengenai tujuan belajar. Dia  menjelaskan bahwa tujuan belajar untuk menjadi orang yang berperilaku baik. 
Caranya dengan meneladani empat sifat nabi, yaitu shiddiq, amanah, tabligh, dan fathonah. Siswa harus dibimbing agar mencontoh sifat Nabi Muhammad SAW agar memiliki perilaku yang baik. (kemenag/ulul).

Subscribe to receive free email updates: