Dirjen Pendis: USBN PAI Harus Bisa Dorong Siswa Berfikir Kritis


Foto DitjenPendis

Sub Direktorat Pendidikan Agama Islam (PAI) Pada SMA/SMALB dan SMK Direktorat PAI Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama menyelenggarakan Kegiatan Bimtek Penyusunan Kisi-Kisi USBN PAI dalam rangka persiapan menyongsong Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) PAI Tahun Ajaran 2019/2020.
Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kamaruddin Amin. Dalam arahannya, Kamaruddin menyampaikan bahwa penyusunan soal USBN PAI harus mampu mendorong siswa untuk lebih berpikir kritis terhadap berbagai fenomena yang ada di lingkungan sekitar.
"Menurut saya membuat soal ini (USBN PAI) memang tidak mudah, termasuk pekerjaan yang cukup menantang. Sebenarnya kualitas soal menurut saya tidak kepada apakah soal itu sulit atau tidak, tetapi bagaimana sebuah soal bisa berfungsi banyak. Setidaknya kalau anak-anak kita mungkin tidak dapat menjawab sepenuhnya, tetapi soal itu sendiri mampu membuat mereka lebih berpikir, lebih kritis, lebih ingin tahu, dan merasa tertantang," ujar Kamaruddin, Selasa lalu (22/10/2019).
Kamaruddin menambahkan bahwa ada dua poin penting yang harus terpenuhi dalam muatan soal USBN PAI yang dibuat oleh Kementerian Agama, yakni tentang visi moderasi beragama dan visi kontekstualitas.
"Pertama, visi moderasi beragama harus menjadi semangat dari soal USBN PAI. Kita harus pastikan tidak terlalu ke kiri tidak terlalu ke kanan, tetapi merefleksikan orientasi pelajaran dan wawasan keagamaan yang moderat," kata Dirjen di Bekasi.
Baca juga: Dirjen Pendis Ingatkan GPAI Hati-Hati Membuat Soal Baca juga: Membedah Kisi Kisi Soal Ujian Pendidikan Agama Islam
Lebih lanjut, Dirjen menjelaskan bahwa, soal USBN PAI tidak berulang-ulang, tapi harus selalu agar anak didik muncul rasa ingin belajar yang tinggi, "Kedua tentang kontekstualitas. Kita harus pastikan soal USBN PAI tidak berulang-ulang dari tahun ke tahun, tetapi harus selalu ada yang baru untuk merangsang anak-anak kita agar selalu ingin belajar lebih baik lagi, lebih kritis, dan seterusnya," katanya.
Kegiatan Bimtek Penyusunan Kisi-Kisi USBN PAI berlangsung selama tiga hari, tanggal 22 hingga 24 Oktober 2019 bertempat di Hotel Amaroosa Grande, Bekasi, Jawa Barat. Kegiatan diikuti oleh 49 peserta, terdiri dari unsur Pengawas PAI dan Guru PAI SMA/SMK perwakilan Provinsi seluruh Indonesia. Rangkaian acara kegiatan dibuka secara resmi oleh Direktur Pendidikan Agama Islam Rohmat Mulyana Sapdi.(ditjenpendis/alfa)

Subscribe to receive free email updates: