Amalan Sunnah yang Baik Dilakukan Di Bulan Safar


Pembinaan Kota Tasikmalaya (Ft Kemenag Tasikmalaya)

Kepala Penyelenggara Syariah Kantor Kemenag Kota Tasikmalaya, H. Cecep Nurholis, S.Ag, M.Pd.I mengungkapkan keistemewaan beberapa amalan di bulan Safar menjadi tema pembahasan saat melakukan pembinaan ASN di Aula Kantor Kemenag, Senin (7/10/2019).

Selain itu, H. Cecep juga menjelaskan mengenai doa, amalan sunnah yang baik dilakukan ketika bulan Safar. "Safar adalah bulan kedua dalam kalender Qamariyah, setelah Muharram dan sebelum Rabiul Awwal. pada dasarnya, seluruh bulan adalah baik dan mendatangkan kebaikan,” jelasnya.

Ia menambahkan  bagi umat Islam yang beriman tak segan melakukan amalan-amalan terpuji sebagai ikhtiar agar sehat, tenang dalam menjalani kehidupan. Salah satu amalan baik yang ia anjurkan adalah memperbanyak bacaan shalawat, shodaqoh dan sholat hajat.

Banyak sekali firman Alloh dan hadist nabi yang membahas  fadilah dan keutamaan berbagai amalan tersebut.
Seperti shodaqoh yang terkenal sebagai amalan penolak bala, atau pencegah musibah. Karenanya di bulan safar ini yang beberapa kalangan meyakini bulan diturunkannya beberapa penyakit, maka shodaqoh menjadi salah satu solusi.

“Harus kita yakini bahwa ada dua macam takdir, ada yang bisa diubah ada juga yang tidak bisa diubah,” jelas Cecep yang dilansir di website Kemenag Jabar.

Bukan kita yang merubah takdir, Alloh yang membuat takdir dan Alloh pulalah yang berkehendak untuk merubahnya. Apa yang kita lakukan adalah ikhtiar maksimal.

“Pertolongan Allah itu sudah dijanjikan sebagaimana dalam ayatnya, Alloh tidak akan merubah suatu kaum sampai kaum itu sendiri merubah dirinya sendiri,” pungkasnya. (alfa).

Subscribe to receive free email updates: