Ribuan Umat Muslim Blora Hadiri Pengajian Akbar Haul Sunan Pojok


Pengajian Sunan Pojok antusias diikuti Ribuan warga Muslim Blora (27/9). Foto Kemenag Blora

Ribuan umat muslim dari dalam dan luar Kabupaten Blora hadir dan mengikuti pengajian akbar yang diselengarakan  dalam rangka  peringatan Haul Sunan Pojok atau Syech Abdurrohim.

Ketua panita Haul Sunan Pojok, Drs. Suryanto, M.Si melaporkan, sebelum pengajian akbar digelar, telah dilaksanakan rangkaian kegiatan, yaitu pada Kamis (26/9/2019) dilaksanakan pembukaan dan penggantian kelambu makam Sunan Pojok pukul 20.00 WIB setelah selesai Khotmil Qur'an Bin Nadhor.

Kemudian, Jumat (27/9/2019) Khotmil Quran Bil Ghoib mulai pukul 06.00 hingga 13.00 WIB di makam Sunan Pojok. Dilanjutkan Tahlil, Doa Khotmil Quran dan Tausiyah Umum, pukul 13.00 hingga 16.00 WIB dengan pembicara KH. Agus Said Ali dari Tuban, Jawa Timur.

Selanjutnya puncak acara digelar Pengajian Akbar, Jumat (27/9/2019) pukul 20.00 WIB dengan pembicara KH Agus Ali Masyhuri dari Tulangan, Sidoarjo, Jawa Timur.

Menurutnya, pengajian akbar tahun ini diikuti dua kali lipat umat muslim dibandingkan pada tahun 2018 lalu.
“Ini dibuktikan dengan tempat yang disediakan tidak cukup, demikian halnya dengan malam ini, tempatnya juga penuh. Hal ini menunjukan bahwa warga masyarakat, semakin hari semakin gandrung dengan siraman rohani,” terangnya.

Pihaknya mengucapkan terimakasih kepada Pemkab Blora atas dukungan, yang telah memberikan dorongan sehingga kegiatan tahunan ini berjalan dengan lancar.

Wakil Ketua DPRD Blora Mustofa tampil memberi sambutan menyampaikan terimakasih atas terselenggaranya agenda tahunan sebagi bentuk penghormatan kepada tokoh yang disegani di Blora, yakni Sunan Pojok.

“Apa yang diajarkan oleh Sunan Pojok diharapkan bisa menjadi pedoman bermasyarakat di kabupaten Blora,” katanya.

Pada acara yang sama Wakil Bupati Blora, H. Arief Rohman, M.Si mewakili Bupati Blora H. Djoko Nugroho menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya Haul Sunan Pojok tahun 2019.

“Ini atas ide Bupati Blora, pengajian akbar dilaksanakan di halaman depan pujasera Koplakan, dimana pada hari Senin, 30 Setember 2019 bangunannya akan diresmikan, sehingga dengan pengajian Haul Sunan Pojok ini semoga menjadi berkah untuk semuanya,” kata Wakil Bupati Blora.

Dirinya berharap, tahun depan KH Agus Ali Masyhuri dari Sidoarjo, Jawa Timur pada Haul tahun 2020 bersedia datang ke Blora lagi sekaligus meresmikan masjid agung Baitunnur yang pembangunannya menelan anggaran lebih kurang Rp20 milyar.

Baca juga: Kemenag Blora Launching Layanan Haji dan Nikah Satu Atap
Baca juga: Santuni Kaum Dhuafa, Penyuluh Agama Blora Kumpulkan Zakat Profesi

Wakil Bupati mengatakan, Pemkab Blora terus berupaya melakukan penataan infrastruktur, jembatan dan jalan serta sarana prasarana perhubungan.
“Bandara Ngloram nanti 2020 sudah bisa didarati pesawat, sehingga memudahkan untuk akses transportasi dan menjadi daya tarik wisatawan untuk datang ke Blora,” katanya.

Wakil Bupati juga menanggapi apa yang disampaikan oleh Wakil Ketua DPRD Blora, yakni berharap di Kabupaten Blora juga segera memiliki perturan daerah tentang pesantren.

Baca juga: Wabup Blora Apreasiasi Porsadin yang Digelar FKDT Banjarejo
Baca juga: Tingkatkan Pemahaman Wakaf, BWI Blora Gelar pembinaan Nadhir

“Kalau tadi disampaikan, DPR RI telah memiliki RUU yang mengatur pesantren, kami berharap, agar di Blora juga segera punya Perda pesantren,” tandasnya.

Sebagai acara puncak, KH Agus Ali Masyhuri mensugesti ribuan umat muslim yang hadir mengikuti pengajian akbar.

Kiai Agus mengawali pengajiannya dengan mengajak berselawat, pengasuh pondok pesantren Bumi Bersholawat dari Tulangan, Sidoarjo, Jawa Timur itu melanjutkan tema  mengimani dan menjalani bahwa apa yang ada di sisi Allah lebih banyak dari apa yang ada di tangan kita.

“Agar kita teguh dalam pendirian, kuat pegang prinsip serta bijak dalam langkah serta luwes,” ujarnya.

Acara dimeriahkan oleh penampilan group seni hadroh dari pondok pesantren Al Alif , Setro, Kecamatan Tunjungan. (kemenag/alfa).

Subscribe to receive free email updates: