Kemenag Berharap Penyuluh Agama Maksimalkan Majlis Manasik

Taufik (kemenag probolinggo)

Kasi penyelenggara Haji dan Umroh Kantor Kemenag Kabupaten Probolinggo Taufik menginginkan adanya sinergitas antara penyuluh agama dengan Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) dalam rangka membantu dan mengambil peran memaksimalkan kegiatan manasik haji.

Menurut Taufik yang juga Pimpinan Cabang Lembaga Pendidikan Ma’arif Kota Kraksaan ini, setiap menjelang pelaksanaan haji Kementerian agama kabupaten berkewajiban untuk memberikan bimbingan kepada Calon jemaah haji (CJH) begitu pula halnya Kantor urusan Agama. Selama ini, katanya,  telah berjalan baik hingga pemberangkatan.

Namun mantan Kasi PendMa dan PD. Pontren ini menginginkan adanya materi tambahan dengan mengacu pada kegiatan penyuluh agama baik melalui mimbar penyiaran islam ataupun majlis binaan juga dapat memperkenalkan program-program kemenag termasuk manasik haji.

Baca juga: KBIH Multazam Gorontalo Gelar Manasik Haji
Baca juga: Kemenag Kota Jambi Gelar Manasik Haji Perdana


Disebutkan, manasik haji adalah peragaan pelaksanaan ibadah haji sesuai dengan rukun-rukunnya. Dalam kegiatan manasik haji, calon jamaah haji akan dilatih tentang tata cara pelaksanaan  ibadah haji  yang akan dilaksanakannya, misalnya rukun haji, persyaratan, wajib, sunah, maupun hal-hal yang tidak boleh dilakukan selama pelaksanaan  ibadah haji. Selain itu, para calon jamaah haji juga akan belajar bagaimana cara melakukan praktik tawaf, sa’i, wukuf, lempar jumroh, dan prosesi ibadah lainnya dengan kondisi yang dibuat mirip dengan keadaan di tanah suci.

Manasik haji juga diperlukan guna memberikan pemahaman kepada setiap calon jamaah haji tentang tujuan utama keberangkatan mereka ke tanah suci. Manasik haji sangat bermanfaat bagi para calon jamaah haji, karena setelah melaksanakan manasik haji, para calon jamaah haji akan dapat memahami hal-hal apa saja yang harus dilakukan pada saat melakukan  ibadah haji nantinya. Para calon jamaah haji juga mempelajari budaya, bahasa, dan kondisi alam di Arab Saudi. (kemenag/ulul).

Baca juga: Dibuka Dirjen PHU, 100 Peserta ikuti Sertifikasi Pembimbing Manasik Haji
Baca juga: Kemenag Pangandaran Gelar Pra Manasik Haji


Subscribe to receive free email updates: