Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

SAMBUTAN KETUA DKM BAITURRAHMAN PERUM BAMBU KUNING SHOLAT IDUL ADHA 1440 H

BISMILLAHIRRAHMAANIRRAHIM......

ALHAMDULILLAHI RABBIL ALAMIN, WASSOLATU WASSALAMU ALA ASROFIL AMBIYAI WAL MURSALIN, SAYIDINA WAMAULANA MUHAMMADIN WAALA ALIHI WASOH BIHI AJMAIN ....

ALLAHU AKBAR .... ALLAHU AKBAR ...... ALLAHU AKBAR....

KABIRO WAL HAMDULILLAHI KASIRO WASUB HAANALLAHI BUK ROTAWWA ASIILA LAA ILAAHA ILLALLAH  WALLAHU AKBAR ALLAHU AKBAR WALILLAAHIL HAMD, AMMA BA’DU

Yang saya hormati
Bapak Ketua RW 14 dan Ketua RT 1 – 12, Pondok Bambu Kuning Bojonggede beserta jajarannya

Para Ulama, Para Kyai, Para Ustad dan para Hujaj

Kaum muslimin dan muslimat jamaah masjid Baiturrahman yang selalu saya banggakan dan semoga selalu dirahmati Allah Swt.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur ke hadhirat Allah SWT bahwa pada pagi hari yang penuh kedamaian ini, kita masih diberi umur panjang sehingga kita dapat melaksanakan sholat Idul Adha yang sebentar lagi akan kita kerjakan.

Bersalam-salaman usai shalat Idul Adha di Masjid Baiturrahman Pondok Bambu Kuning
Sholawat dan salam kita curahkan ke Nabi Besar Muhammad SAW karena atas pengorbanan dan perjuangannya-lah, kita diberi jalan terang dalam menjalani kehidupan ini sesuai dengan garis yang telah diridoi Allah SWT.

Jamaah masjid Baiturrahman yang semoga senantiasa dirahmati Allah SWT

Ungkapan rasa syukur Alhamdulillah sudah seharusnya kita ungkapkan karena sampai dengan saat ini kita masih mendapat kepercayaan dari Allah SWT untuk tetap bisa menikmati karunia Allah untuk tetap dapat menginjakan kaki kita di atas bumi-Nya. Terlebih lagi saat ini kita masih di berikan-Nya kesempatan untuk bertemu dengan Hari Raya Idul Adha 1440 Hijriyah. Mudah-mudahan semua ini mampu menjadi motivasi kita untuk meningkatkan dan memperkuat keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah SWT.

Setiap tahun pada bulan Dzulhijjah setiap muslim lekat dengan kata-kata ibadah haji dan kurban. Kajian tentang hikmah ibadah haji dan kurban sudah menjadi hidangan setiap bulan Dzulhijjah terutama pada khotbah-khotbah idul adha. namun ilmu Allah tidak akan pernah habis untuk dipelajari, sehingga setiap kajian memiliki warna dan corak yang berbeda-beda.

Kaum Muslimin wal Muslimat rahimakumullah,

Idul Adha adalah salah satu hari raya dalam agama Islam yang di dalamnya menyimpan berbagai peristiwa monumental dari peradaban kehidupan di bumi. Peristiwa tersebut diabadikan dalam sebuah ritual ibadah. Dua ibadah yang sangat identik dengan Hari Raya Idul Adha adalah ibadah kurban dan haji. Kedua ibadah ini mengandung nilai keteguhan dan keimanan dan menjadi bukti pengorbanan yang di dasari dengan penuh keikhlasan dan kesabaran.

Hadirin rahimakumullah,

Ibadah kurban adalah ibadah yang berawal dari sejarah ketika Nabi Ibrahim mendapatkan perintah untuk mengorbankan putranya, Ismail, dengan cara disembelih. Berbekal keimanan yang tinggi, Nabi Ibrahim pun melaksanakan perintah yang disampaikan Allah melalui sebuah mimpi. Namun, sebelum Nabi Ibrahim menyembelih Ismail, malaikat membawa seekor kambing dari surga sebagai ganti untuk disembelih. Peristiwa ini diabadikan dalam Al-Qur’an surat Asshoffat ayat  102 yang artinya antara lain;

“Ibrahim berkata: "Hai anakku sesungguhnya aku melihat dalam mimpi bahwa aku menyembelihmu. Maka pikirkanlah apa pendapatmu!" Ismail menjawab: "Hai bapakku, kerjakanlah apa yang diperintahkan kepadamu; insya Allah kamu akan mendapatiku termasuk orang-orang yang sabar.”

Dari sejarah inilah umat Islam diperintahkan untuk menyembelih hewan kurban yang pada hakikatnya merupakan sebuah ibadah untuk mengingatkan kita semua untuk kembali kepada tujuan hidup, yaitu beribadah kepada Allah.

Hikmah dari ujian Allah kepada Nabi Ibrahim untuk menyembelih putranya adalah keikhlasan dalam menjalankan perintah Allah SWT. Keikhlasan menjadi salah satu kunci untuk memperoleh ridha Allah dengan menjalankan apa yang menjadi perintah-Nya dan menjauhi apa yang dilarang-Nya. Karena itu, jika kita melaksanakan ibadah tanpa didasari oleh keikhlasan maka niscaya yang kita lakukan akan menjadi sebuah kesia-siaan belaka.

Jamaah masjid Baiturrahman yang semoga senantiasa dirahmati Allah SWT

Pada kesempatan ini saya akan menyampaikan kegiatan kurban yang dilaksanakan di Masjid Baiturrahman. Alhamdulillah hewan kurban yang diterima oleh panitia kurban berjumlah 59 hewan kurban yang terdiri 15 ekor sapi dan 44 ekor kambing.

Yang insya Allah nanti dagingnya akan disalurkan pada warga RW 14 yaitu warga Pondok Bambu Kuning dan sekitarnya.

Hewan kurban (dok brnews.id)
Jamaah masjid Baiturrahman rohima kumullah

Dalam kesempatan ini pula, saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dan mempercayakan kepada panitia kurban untuk mengelola dan menyalurkan kepada para mustahiqnya.

Kemudian, berkenaan dengan pelaksanaan peribadatan, kami dari Pengurus DKM Baiturrahman mengucapkan terima kasih kepada semua Imam Rawatib, Bilal, MC beserta para petugas pengelola Masjid yang selalu memberikan bantuan dan kerjasama dalam memelihara kebersihan, kenyamanan masjid untuk pelaksanaan peribadatan di Masjid Baiturrahman ini, semoga amal baik bapak-bapak atau ibu, semuanya diterima Allah SWT dan memperoleh ganjaran yang setimpal. Allahumma amiin.

Jamaah sholat Idul Adha Masjid Baiturrahman

Berkenaan dengan program bidang ri’ayah yaitu  pemeliharaan maupun pembangunan serta sarana masjid lainnya, yang pendanaannya  dari penerimaan uang sodaqoh dan infak dari jamaah masjid maupun masyarakat Pondok Bambu Kuning semuanya telah dimanfaatkan untuk perbaikan masjid demi kenyamanan ibadah para jamaah.

Karena itu, marilah bersama-sama kita perlihara masjid Baiturrahman, karena masjid ini adalah masjid warga pondok bambu kuning, bukan masjidnya pengurus masjid. Pengurus  hanya diberi amanah oleh warga untuk mengelola, untuk memenej, bukan untuk memiliki. Oleh karena itu, sekali lagi, marilah kita bersama sama kita rawat masjid ini sebaik-baiknya, dan marilah kita syiarkan masjid ini untuk meninggikan kalimah-kalimah Allah (li i’la kalimatillah).

Jamaah Masjid Baiturrahman yang dirahmati Allah SWT

Atas nama pengurus DKM Baitur Rahman dan Yayasan Masjid Baiturrahman, kami menyampaikan terima kasih tak terhingga semoga bantuan dan partisipasi para jamaah  dalam memberikan zakat, infak dan shodaqoh tercatat sebagai amal amal shaleh dan Allah akan mencatat sebagai akhsanu amala, sebagai amal yang paling baik, yang kelak  di yaumil akhir, di yaumil hisab, harta-harta yang telah bapak-ibu infakkan, harta yang telah disedekahkan akan menolongnya. Amin amin ya mujibassailin.

Ucapan terima kasih yang tak bisa saya lupakan, juga saya sampaikan kepada segenap pengurus dan panitia Idul Adha, saya sampaikan penghargaan dan ucapan terima kasih atas segala amal serta bantuan dalam bersinergi mensukseskan kegiatan kurban nanti.

Jamaah Masjid Baiturrahman yang dirahmati Allah SWT

Pada kesempatan ini saya harus menyampaikan kepada para jamaaah. Pertama adalah bahwa masa kepengurusan saya sebagai Ketua DKM Baiturrahman akan berakhir pada akhir Desember 2019. Kedua, karena saya telah menjadi Ketua DKM selama dua periode, maka saya akan pamit, akan mengundurkan diri pada akhir jabatan nanti.

Saya sampaikan, selama menjadi ketua DKM telah berusaha untuk selalu menjaga amanat yang diberikan jamaah. Berbagai inovasi pembangunan telah dilaksanakan seperti yang bapak ibu bisa lihat bersama, hanya saja mengenai pembangunan menara masjid memang masih belum selesai, dan semoga pada akhir jabatan saya nanti pembangunan menara bisa dirampungkan. Semua itu dilakkukan adalah semata mata untuk memberikan kenyamanan bapak ibu dalam beribadah di Masjid Baiturrahman.

Akhirnya, di hari yang mulia ini, atas nama saya pribadi, atas nama pengurus DKM Baiturrahman dan Yayasan Masjid Baiturrahman menyampaikan permohonan maaf sebesar-besarnya selama saya bersama pengurus lainnya  dalam memberikan pelayanan di masjid ini tidak memuaskan para jamaah. Namun perlu diingat saya bersama pengurus lainnya selalu ingin memberikan yang terbaik untuk para jamaah. Terima kasih atas kerja sama selama ini.

Hadanallahu waiyyakum ajmain

Taqobbalallahu minna waminkum. Mohon maaf lahir dan bathin.

Doa saya semoga Allah masih memberi kesempatan kepada kita semua untuk bertemu kembali di bulan Dzulhijjah di tahun yang akan datang. Amin ya rabbal alamin

Wassalamu alaikum warahmatullahi wabarokaatuh.....

Ketua DKM Baiturahman
H. Djamaludin Ahmad

Post a Comment for "SAMBUTAN KETUA DKM BAITURRAHMAN PERUM BAMBU KUNING SHOLAT IDUL ADHA 1440 H"