Gubernur Jambi: Peran ISNU Penting dalam Pembangunan Karakter

antara
BRNews.id - Gubernur Jambi H Fachrori Umar mengatakan peran Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU) sangat penting dalam mewujudkan kemajuan bangsa, salah satunya melalui pembangunan karakter.




"Peran ISNU sangat penting dalam pembangunan karakter manusia yang diharapkan memiliki kapasitas dan mentalitas unggul," katanya pada pelantikan dan pengukuhan pengurus Pimpinan Wilayah ISNU Provinsi Jambi di rumah dinas Gubernur Jambi, Sabtu (23/2).

Dilansir kantor berita Antara, Fachrori usai memberi ucapan selamat kepada Ketua dan Anggota PW ISNU Provinsi Jambi masa bhakti 2018-2023 mengatakan adanya silaturrahmi tersebut untuk mengevaluasi sampai sejauh mana peran dan kiprah ISNU dalam membangun Provinsi Jambi menuju Jambi yang lebih Tertib, Unggul, Nyaman, Tangguh, Adil dan Sejahtera (TUNTAS) 2021.

"Inovasi dan kreativitas serta ide-ide cemerlang untuk diaplikasikan dalam kehidupan nyata sangatlah dinantikan," ujar Fachrori.

Selain itu, lanjutnya, hal terpenting yang harus dilaksanakan usai pelantikan adalah konsolidasi dan pemantapan organisasi agar kinerja organisasi menjadi solid dan mampu menjawab tantangan di era kekinian ini.

Menurut dia, manusia berkarakter kuat dan melekat dengan kepribadian bangsa, yaitu manusia yang memiliki sifat religius, moderat, cerdas, mandiri, berilmu serta mempunyai relasi sosial dan solidaritas yang konstruktif dalam kehidupan kolektif dalam kepentingan,

"Membangun karakter emas tersebut diperlukan pendidikan yang mencerahkan dengan menjadikan agama sebagai sumber nilai utama kehidupan," kata Fachrori.



Sebab itu, ISNU harus terus meningkatkan perannya menuju terbentuknya peradaban bangsa yang berkemajuan dengan seluruh kekuatannya, dan harus terus bergerak melakukan usaha-usaha memajukan kehidupan bangsa menuju peradaban yang mencerahkan.

Ketua Umum Pengurus Pusat ISNU Dr Ali Masykur Musa mengatakan setelah Muktamar NU di Makassar, telah menjadikan ISNU sebagai badan otonom di lingkungan NU di semua tingkatan yang secara bersama-sama banom Muslimat Fatayat Ansor, IPNU, IPP NU dan PMII membangun dan membesarkan Nahdlatul Ulama.

"Saya ingin mengatakan tugas ISNU ke depan yaitu jamiyah jamaah Nahdlatul Ulama, membangun kemandirian ekonomi dan networking yang kuat," kata Ali Masykur.

Sementara itu, Ketua Umum PW NU Provinsi Jambi, KH Dr H Aminullah Amit mengatakan keberadaan organisasi akan mencapai kemenangan sepanjang adanya iman istiqomah dan tidak akan meraih kemenangan secara pribadi dan komunitas.

Ia menjelaskan, program-program ISNU tidak terlepas dari tradisi keilmuan kesarjanaan NU dengan berbagai persoalan dikembangkan dengan latar belakang keilmuan masing-masing, untuk membantu pembangunan.

"Mari kontribusi itu kita kembangkan sesuai profesi keilmuan kita masing-masing, memberi pencerahan pada masyarakat, jangan membingungkan, agar terwujud harapan pembangunan Universitas Nahdlatul Ulama dan ISNU merupakan kaderisasi NU," kata Aminullah. (ant/azka).

Subscribe to receive free email updates: