Di Pangandaran Tes Petugas Haji Dilaksanakan Diatas Perahu

kemenag pengandaran
BRNews.id - Kementerian Agama Kabupaten Pangandaran melalui Seksi Penyelenggara Haji dan Umroh menggelar tes rekrutmen petugas calon jemaah haji 2019. Senin (25/2/2019) di Kawasan Wisata Batukaras, Pangandaran. 



Uniknya pelaksanaan tes petugas haji dilaksanakan di atas perahu di aliran sungai Green Canyon. Menurut Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umroh, H. Ujang Sutaryat, M.Ag mengatakan tes yang dilaksanakan di atas perahu itu merupakan salah satu inovasi.

"Untuk penyelenggaraan kami mencoba melakukan inovasi, biasanya penyelenggaraan seperti ini resmi di gedung, tetapi karena mengingat ini menjadi inovasi yang baik, kita laksanakan seleksi ini diatas perahu dan perahunya nanti akan maju ketika seleksi dimulai. Dan ketika selesai perahu nanti akan kembali lagi mendarat," ungkapnya.

Di aliran sungai Green Canyon yang jernih dan ditambah dengan panorama alam yang indah menjadikan para peserta fokus saat melakukan tes CAT (Computer Assisted Test).

H. Ujang berharap para petugas haji yang lolos nanti memiliki jiwa integritas, profesionalitas, inovasi, tanggung jawab dan keteladanan bagi jemaah haji.



Menanggapi hal itu Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pangandaran, Dr. H. Cece Hidayat, M.Si, mengapresiasi langkah yang dilakukan oleh Kepala Seksi Haji menurutnya hal tersebut merupakan suatu inovasi baru.

Kankemenagpun berharap para calon petugas haji yang lolos nanti mampu memiliki kemampuan dan keterampilan memimpin, mengatur, mengelola manajemen.

"Dari tahun ke tahun pelayanan ibadah haji dituntut untuk meningkatkan kualitas pelayanan, makanya pertama yang dibutuhkan adalah petugas yang handal, memiliki kemampuan keterampilan memimpin, mengatur, mengelola manajemen masa, karena manajemen masa itu dibutuhkan sebagai upaya menyelesaikan berbagai persoalan-persoalan yang muncul mulai dari berangkat sampai tiba lagi," harapnya. (kemenag/azka).

Subscribe to receive free email updates: