Aksioma MI Cianjur, Ajang Unjuk Prestasi Siswa Madrasah

FOTO KEMENAG CIANJUR
BRNews.id - Ribuan warga Madrasah Ibtidaiyah se-Kabupaten Cianjur yang terdiri dari guru, siswa, dan orangtua siswa memadati Kantor Kementerian Agama Kabupaten Cianjur sejak pukul enam pagi.



Mereka bersiap untuk mengikuti Ajang Kompetisi Seni dan Olahraga Madrasah (AKSIOMA) MI Tingkat Kabupaten Cianjur Tahun 2019, yang dilaksanakan selama dua hari pada tanggal 29-30 Januari 2019.

Dilansir website Kemenag Prov. Jabar, AKSIOMA MI ini digelar untuk mencari bibit-bibit potensial olahragawan dan seniman siswa-siswi Madrasah Ibtidaiyah terbaik di Kabupaten Cianjur, dengan tema besar "Menumbuhkan Generasi yang Berkualitas Jasmani dan Rohani, Kreatif, dan Sportif".

Lokasi kegiatan tersebar di beberapa titik di wilayah Kecamatan Cianjur Kota dan Kecamatan Karangtengah, diantaranya di GOR Pringgondani, GOR Rajawali, Lapang Prawatasari, serta kompleks perkantoran Kemenag Kabupaten Cianjur sebagai sentral kegiatan, dengan cabang yang dilombakan antara lain MTQ, MHQ, MKQ, Pidato Bahasa Indonesia, Futsal, Bulu Tangkis, Tenis Meja, dan Atletik.

Acara diawali Pawai Ta'aruf dengan rute mengelilingi jalan-jalan protokol di Kota Cianjur dengan pengawalan dari Polres Cianjur. AKSIOMA MI dibuka secara resmi oleh Plt Bupati Cianjur Herman Suherman dengan melepaskan balon ke udara serta 32 burung merpati oleh 32 Ketua KKMI Kecamatan se- Kabupaten Cianjur didampingi Kepala Kankemenag, Kasubbag TU, serta para Kasi di lingkungan Kantor Kemenag Kabupaten Cianjur.

Ketua KKMI Kabupaten Cianjur, Aliya Bismielia mengatakan bahwa tujuan AKSIOMA MI adalah untuk mempererat tali persaudaraan antar peserta didik, tenaga pendidik dan kependidikan Madrasah Ibtidaiyah se-Kabupaten Cianjur. 



Selain itu juga untuk membina, menyalurkan, dan mengembangkan minat, bakat, serta kreativitas peserta didik di bidang olahraga dan seni sebagai upaya pencarian bibit yang potensial. Ia berharap AKSIOMA dapat meningkatkan semangat serta memelihara kesehatan jasmani dan rohani untuk menunjang proses pembelajaran di madrasah.

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Cianjur Pardi Suhardian dalam sambutannya memberikan motivasi kepada seluruh atlet untuk menjaga sportivitas dan rasa kekeluargaan, serta yang tidak kalah penting adalah rasa kebanggaan sebagai perwakilan kecamatan untuk tampil menunjukkan kemampuan terbaiknya di tingkat kabupaten. 

Pardi berharap para pemenang AKSIOMA MI Kabupaten Cianjur bisa menorehkan prestasi seperti tahun-tahun yang lalu sebagai Juara Umum AKSIOMA Tingkat Provinsi Jawa Barat.

AKSIOMA MI ditutup pada Rabu 30 Januari 2019 oleh Kasubbag TU Abdul Rauf dengan agenda pemberian trofi kepada peserta terbaik setiap cabang lomba. Keluar sebagai Juara Umum yaitu Kecamatan Karangtengah, disusul Kecamatan Cipanas dan Kecamatan Ciranjang.



Berikut daftar pemenang setiap cabang lomba mewakili masing-masing kecamatan.
  1. MHQ Putra : Juara 1. Ciranjang, 2. Pagelaran, 3. Sukanagara
  2. MHQ Putri : Juara 1. Sukaluyu, 2. Cipanas, 3. Campaka
  3. MTQ Putra : Juara 1. Kadupandak, 2. Karangtengah, 3. Takokak
  4. MTQ Putri : Juara 1. Karangtengah, 2. Sindangbarang, 3. Cipanas
  5. Pidato Putra : Juara 1. Haurwangi, 2. Cipanas, 3. Pacet
  6. Pidato Putri : Juara 1. Cikalongkulon, 2. Cipanas, 3. Sindangbarang
  7. Tenis Meja Putra : Juara 1. Cugenang, 2. Takokak, 3. Campakamulya
  8. Tenis Meja Putri : Juara 1. Karangtengah, 2. Pagelaran, 3. Takokak
  9. Devile : Juara 1. Cianjur, 2. Karangtengah, 3. Cipanas
  10. Atletik Putra : Juara 1. Cipanas, 2. Bojongpicung, 3. Pacet
  11. Atletik Putri : Juara 1. Sukaluyu, 2. Pacet, 3. Bojongpicung
  12. Futsal : Juara 1. Leles, 2. Pacet, 3. Karangtengah
  13. Bulu Tangkis Putra : Juara 1. Karangtengah, 2. Cipanas, 3. Cibeber
  14. Bulu Tangkis Putri : Juara 1. Cipanas, 2. Cibeber, 3. Karangtengah
  15. Kaligrafi Putra : Juara 1. Ciranjang, 2. Cipanas, 3. Cibeber
  16. Kaligrafi Putri : Juara 1. Cianjur, 2. Ciranjang, 3. Takokak. (azka/alfa). 

Subscribe to receive free email updates: