PTSP Kemenag Kini Hadir di Aceh hingga Papua

foto kemenag
BRNews.id - Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kanwil Kemenag Aceh resmi dibuka. PTSP tingkat provinsi yang ke-33 ini diresmikan oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Agama M. Nur Kholis Setiawan.

Seperti diwartakan web resmi Kemenag RI menyebutkan, pusat layanan terpadu Kemenag sudah ada dari Papua di Indonesia bagian timur hingga Aceh di Indonesia bagian barat. PTSP Kanwil Kemenag Jawa Tengah dijadwalkan akan diresmikan Menag Lukman Hakim Saifuddin pada 31 Desember 2018, sekaligus menandai hadirnya kantor layanan di 34 provinsi.

Peresmian PTSP ini disaksikan Kakanwil Kemenag Aceh, M Daud Pakeh, Kabag TU Kanwil Saifuddin, para Kabid, Rektor UIN Ar-Raniry yang diwakili Warek I, Kepala UPT Asrama Haji Aceh, Kepala BDK Aceh, dan Kakankemenag Kabupaten/Kota se Aceh.

M Nur Kholis mengatakan, PTSP merupakan salah satu program Direktif Menteri Agama tahun 2018 yang harus dimiliki oleh setiap Kanwil Kemenag Provinsi se Indonesia.

"Bapak Menteri kita mewajibkan PTSP seluruh Kanwil Kemenag se Indonesia, dan ditargetkan semua selesai tahun 2018. Alhamdulillah hampir semua miliki PTSP, tinggal satu provinsi lagi yang akan diresmikan dalam waktu dekat," ujar Sekjen.

Adanya PTSP diharapkan bisa meminimalisasikan interaksi antara pengguna pelayanan dengan petugas dalam rangka terciptanya tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih.

"Tujuan PTSP sendiri untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, menyederhanakan proses layanan dan mewujudkan proses pelayanan yang cepat, mudah, murah, transparan, pasti, akuntabel dan terjangkau," ujar M Nur Kholis.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh M Daud Pakeh mengatakan, saat ini Kemenag Aceh terus melakukan berbagai inovasi untuk mewujudkan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Sehingga, kehadiran Kementerian Agama kian dirasakan masyarakat dan mendapatkan kepercayaan dari pemerintah daerah setempat.

"Sebagai ikhtiar untuk hal tersebut, Kemenag Aceh menghadirkan PTSP,  untuk memberikan kemudahan pelayanan kepada masyarakat," ujar M Daud Pakeh.

Saat ini,  PTSP Kanwil Kemenag Aceh masih menggunakan aplikasi intranet berbasis web. Tahun depan, aplikasi ini akan dikembangkan menjadi online. Perubahan tersebut lebih memudahkan akses publik lagi terhadap pelayanan Kanwil Kemenag Aceh.

Adapun layanan sementara yang terdapat dalam PTSP Kanwil Kemenag Aceh sebanyak 51 layanan.
"Insya Allah tahun depan akan meningkatkan jenis layanan publik melalui PTSP," ujarnya.

"Saat ini, sudah ada delapan Kankemenag Kabupaten/Kota di Aceh yang juga telah membuka PTSP. Semoga pada 2019 semua Kankemenag juga memiliki PTSP," tutup Daud Pakeh. (kemenag).

Subscribe to receive free email updates: