Menag Lukman Resmikan 10 PTSP Sekaligus Di Kaltim

foto humas kemenag
BRNews.id - Sepuluh Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kementerian Agama hadir secara bersamaan di Provinsi Kalimantan Timur. Kesepuluh PTSP ini diresmikan oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Kamis (29/11).


Pusat layanan itu adalah PTSP Kanwil Kemenag Kalimantan Timur dan sembilan PTSP Kankemenag Kabupaten/Kota se Kalimantan Timur. Menag juga meresmikan Balai Nikah dan Manasik Haji Kecamatan Sangkulirang.

Menag mengapresiasi Kanwil Kemenag Kaltim yang telah mendirikan PTSP, tidak hanya di tingkat Provinsi, tapi juga sembilan Kabupten/Kota.

“Dengan adanya PTSP ini, kita telah meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Dengan PTSP tidak hanya mendekatkan pelayanan kepada umat, dengan PTSP berbasis online maka proses pelayanan bisa lebih efisien, cepat mudah dan murah terimplementasikan di masyakat,” kata Menag Lukman.

“Pelayanan yang terbuka dan tidak berbayar itu sekaligus menjaga integritas kita di Kemenag. Tidak ada lagi praktek yang tidak terpuji,” tambah Menag.

Ditegaskan Menag Lukman, dengan PTSP, Kemenag ingin mengubah praktek yang tidak semestinya dengan sistem aplikasi. Tidak hanya informasi, tapi berbagai macam pengurusan, tidak hanya cepat, tapi murah dan mudah.


“Saya menitipkan satu hal terkait pelayanan, yakni membangun kesadaran, tidak hanya kepercayaan sekaligus kehormatan untuk melayani masyarakat. Sebab, derajat tertinggi di antara sesama umat manusia adalah siapa yang paling besar memberikan manfaat bagi sesamanya,” tuturnya.

Sebelumnya, Kakanwil Kaltim Sofyan Noor melaporkan bahwa sembilan PTSP Kabupaten/Kota terletak di Samarinda, Balikpapan, Penajam Paser Utara, Paser, Kutai Kartanegara, Kutai Barat, Kutai Timur, Bontang, dan Berau.

Wagub Kaltim Hadi Mulyadi dalam sambutannya menyampaikan selamat atas diresmikannya PTSP ini, semoga memberi manfaat bagi seluruh masyarakat Kaltim.

“Apresiasi yang tinggi atas terobosoan PTSP ini, secara langsung akan memberikan layanan publik yang dijalankan pemerintah Kaltim. Selamat atas diresmikannya PTSP, selamat bekerja, semoga memberi manfaat bagi masyarakat Kaltim,” tambah Hadi Mulyadi. (kemenag/mnm).

Subscribe to receive free email updates: