Kemenag Cianjur Serukan Pengawas dan Guru PAI Updating Data

foto kemenag jabar
BRNews.id - Kantor Kementerian Agama Kabupaten Cianjur melalui Seksi Pendidikan Agama Islam menggelar kegiatan sosialisasi pendataan di aplikasi EMIS, SIMPATIKA, dan SIAGA yang ditujukan bagi para Pengawas dan Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) se-Kabupaten Cianjur, Senin (26/11/2018) .
Kegiatan sosialisasi yang dibuka oleh Kasubbag TU Abdul Rauf didampingi Kasi Pendidikan Agama Islam Abdul Qohar Azij, dihadiri oleh 26 orang Pengawas, 32 orang dari KKG PAI SD, 5 orang dari MGMP SMP, 5 orang dari MGMP SMA, 5 orang dari MGMP SMK, serta 2 orang dari FKG TK.
Tujuan dilaksanakan sosialisasi tersebut agar semua Pengawas dan Guru PAI melakukan update data pada aplikasi EMIS, SIMPATIKA, dan SIAGA khususnya jadwal pelajaran Semester I Tahun Pelajaran 2018/2019. Karena sampai saat ini masih banyak Pengawas maupun Guru PAI yang belum mengupdate jadwal mengajar pada aplikasi EMIS dan SIMPATIKA.
Dalam arahannya Kasubbag TU menyampaikan bahwa pemutakhiran data ini penting dilakukan oleh para pengawas dan guru guna memastikan keakuratan data yang dimiliki oleh Kemenag.

"Data akurat akan berimplikasi pada kebijakan yang tepat sasaran, sehingga apabila pengawas dan guru tidak melakukan updating data, dikhawatirkan tidak mendapatkan layanan yang seharusnya," tegas Abdul Rauf.
Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa pemutakhiran data dilakukan dengan mengisi instrumen dan aplikasi pendataan resmi secara lengkap dan akurat sesuai petunjuk pengisian data yang tersedia.
Sebagai informasi, EMIS (Education Management Information System) merupakan aplikasi yang mendata semua Pengawas dan Guru PAI mencakup data pribadi, tempat tugas, riwayat kepegawaian, status kepegawaian, alamat rumah, tugas tambahan, jadwal mengajar, dan lain-lain.
SIMPATIKA (Sistem Informasi dan Manajemen Pendidik dan Tenaga Kependidikan) merupakan aplikasi yang mengelola data pendidik dan tenaga kependidikan pada sekolah umum serta Pengawas PAI mencakup data yang sudah sertifikasi maupun yang belum sertifikasi.
SIAGA (Sistem Informasi dan Administrasi Guru Agama) merupakan aplikasi yang datanya terintegrasi dengan SIMPATIKA. Untuk Semester I Tahun Pelajaran 2018/2019 SIAGA hanya digunakan untuk menginput data pembayaran kelayakan Tunjangan Profesi Guru dan Pengawas PAI bulan Januari s.d. Desember 2018 sesuai data SPP dan SPM. Untuk ke depannya SIAGA dipersiapkan sebagai pengganti SIMPATIKA. (kemenag jabar).

Subscribe to receive free email updates: