IAIN Samarinda segera Wisuda 754 Sarjana

BRNews.id - Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda pada 19 Desember 2018 mendatang akan menyelenggarakan wisuda sarjana. Gelaran wisuda ke XXIX ini akan berlangsung di Auditorium Kampus IAIN Samarinda.


“Ini pertama kali kita adakan prosesi wisuda di auditorium kampus sendiri, biasanya kampus nyewa tempat untuk wisuda,” kata Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda Mukhamad Ilyasin saat ditemui Humas di ruang kerjanya, Kamis (29/11).

Dijelaskan M Ilyasin pada gelaran wisuda ke XXIX ini, pihaknya akan mengundang Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin. Dalam kesempatan itu, Menag juga akan meresmikan auditorium yang dibangun dari dana SBSN tahun 2018.

“Wisuda XXIX ini sebanyak 754 mahasiswa, dengan S1 sebanyak 660 wisudawan dan S2 sebanyak 94 wisudawan,” kata M Ilyasin.

Dijelaskan M Ilyasin, auditorium ini nantinya akan diberinama Aula Sulaiman. Sebab, lanjut M Ilyasin, Sulaiman ini merupakan tokoh Kerajaan Kutai Kartanegara.

“Selain beliau memiliki keberpihakan dengan Islam dan Indonesia pada waktu itu sangat nyata di Kaltim,” tambah M Ilyasin.


M Ilyasin juga menyampaikan bahwa saat ini IAIN Samarinda mempunyai lahan seluas 18,2 hektare. Tanah seluas itu, merupakan hibah dari Pemprov Kaltim. “Kita sangat menjalin hubungan baik dengan Pemprov Kaltim,” kata M Ilyasin.

Saat ini, IAIN Samarinda memiliki 6.237 mahasiswa yang berasal dari berbagai daerah di Kalimantan. Ada juga mahasiswa dari Thailand dan Malaysia. Dosen saat ini sudah 41 bergelar doktor, dan 29 dosen sedang kuliah S3.

“Kita memiliki 34 mahasiswa asal Thailand, 1 mahasiswa dari Malaysia, dan mereka semua diasramakan dan mendapatkan beasiswa,” tambah M Ilyasin. (kemenag/azka).

Subscribe to receive free email updates: