Anugerah Guru Berprestasi 2018, Dirjen Pendis: Upaya Membina dan Memotivasi

foto humas kemenag
BRNews.id - Kementerian Agama memberikan penghargaan kepada guru madrasah berprestasi dari seluruh Indonesia. Penghargaan tersebut diberikan secara simbolis saat acara puncak peringatan Hari Guru dan Anugerah Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah Berprestasi 2018, di Dyandra Convention Hall, Jl. Basuki Rahmat, Surabaya, Ahad  (15/11).


Dirjen Pendidikan Islam Kemenag Kamaruddin Amin mengatakan, penghargaan kepada guru dan tenaga kependidikan tahun ini adalah bagian dari upaya pemerintah memotivasi dan membina para guru di seluruh Indonesia. 

"Selain mata pelajaran, selama ini kita menekankan agar guru madrasah selalu menambahkan nilai-nilai toleransi dan cinta dalam materi pendidikan," katanya seperti dilansir website resmi Kementerian Agama RI.

"Penghargaan seperti ini sangat penting untuk memberikan suasana kompetitif di kalangan pengajar madrasah. Guru-guru yang baik akan melahirkan peradaban Islam yang baik di masa mendatang, dan itu tidak lepas dari pola pembinaan yang baik pula," ucapnya.

Kamaruddin berharap, penghargaan ini menjadi motivasi dan inspirasi bagi guru madrasah lainnya. Semoga para guru semakin hebat untuk membuat Indonesia bermartabat.

Menurut Kamaruddin, sebelum malam puncak Hari Guru Nasional 2018, Kementerian Agama melalui Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Direktorat Jenderal Pendidikan Islam juga telah menyelenggarakan berbagai rangkaian kegiatan berupa Anugerah Guru dan Tenaga Kependidikan Berprestasi, yang telah tersaring dari seluruh Indonesia sebanyak 55 orang. 


Mereka adalah para Kepala Madrasah, Pengawas, Guru, Laboran dan Pustakawan,  Anugerah Konstitusi bagi guru-guru PKn terbaik dari madrasah dan sekolah. Selain itu,  Ditjen Pendis juga menggelar Lomba Foto, Lomba Video Pendek, Lomba Iklan Layanan Masyarakat, serta Jalan Sehat Bersama Menteri Agama RI yang telah dilaksanakan di Bekasi pada 11 November 2018. Kegiatan yang terakhir bahkan diikuti oleh 15.000  guru dari Jawa Barat, DKI Jakarta, Banten dan perwakilan guru dari seluruh Indonesia, serta Expo Inovasi Guru dan Kepala Madrasah.

"Semua kegiatan tersebut merupakan bentuk dedikasi nyata dari Kementerian Agama dalam rangka memberikan apresiasi yang tinggi terhadap jasa para guru yang mulia," terang Kamaruddin.

Pada acara yang dihadiri Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin, sebanyak 55 guru, kepala sekolah, dan tenaga kependidikan menerima penghargaan dari Kemenag. Di antara penerima penghargaan ini adalah Istikomah, guru RA Muslimat NU Masyitoh, Pabean, Jawa Tengah, Alpirudiwan, guru Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Kota Malang, Muhammad Hatta, guru Mts  38 jakarta, dan Nurchaili guru MAN 4 Aceh Besar.  (kemenag/azka).

Subscribe to receive free email updates: