Peringati Hari Santri MI Ma’arif Sangon Adakan Ziarah

BRNews.id - Hari santri merupakan bentuk penghargaan kepada santri dan kaum pesantren yang terus menanamkan keluhuran akhlak dan kemandirian sebagai jati dirinya sehingga membentuk karakter bangsa.


Momentum hari santri ditransformasikan menjadi gerakan penguatan paham kebangsaan yang bersintesis dengan keagamaan. Hal itu disampaikan Kepala MI Ma’arif Sangon, Rohadi disela-sela kegiatan Hari Santri madrasah  Senin (22/10) pagi.

“Hari santri diperingati sebagai bukti pengakuan negara atas jasa para ulama dan santri dalam memperjuangkan, merebut, mengawal, mempertahankan dan mengisi kemerdekaan Indonesia,” ungkapnya.

“MI Ma’arif Sangon mengadakan upacara bendera dilanjutkan ziarah ke makam aulia simbah Kyai Abdullah Mas’ud. Ziarah diikuti guru dan semua siswa dari kelas I sampai VI. Dengan berjalan sekitar 500 meter. Semua siswa dan guru bersama-sama bershalawat sambil berjalan menuju makam,” tambah Rohadi.

Walaupun suasana hujan gerimis keluarga besar MI Ma’arif Sangon tetap semangat mengikuti upacara dan dilanjutkan ziarah ke makam aulia Kyai Abdullah Mas’ud. Tugas santri atau siswa/siswi madrasah adalah menjaga keutuhan NKRI berdasarkan Pancasila dan spirit mencintai tanah air.

“Tujuan diadakan ziarah ke makam para aulia adalah mendo’akan dan melanjutkan perjuangannya,” pungkasnya. (kemenagdiy/dyh/abi).

Subscribe to receive free email updates: