KKG MI Kota Tasikmalaya Gelar Pembinaan Penyusunan Soal HOTS

Belakangan ini dunia pendidikan diramaikan dengan wacana HOTS (higher Order Thinking Skill), dengan HOTS  Soal-soal tertentu dibuat lebih sulit dan membutuhkan daya nalar tinggi, Alice Thomas dan Glenda Thorne mendefinisikan istilah HOTS dalam artikel yang berjudul How to Increase Higher Order Thinking  (2009) sebagai cara berpikir pada tingkat yang lebih tinggi daripada menghafal, atau menceritakan kembali sesuatu yang diceritakan orang lain.


Madrasah sebagai lembaga pendidikan selalu berupaya untuk terus berinovasi dan menyesuaikan berbagai metode pendidikan termasuk metode HOTS. Salah satu upaya mengupdate informasi dilakukan oleh Kelompok Kerja Guru (KKG) Madrasah Ibtidaiyah Kota Tasikmalaya, Selasa (16/10) di Aula Kankemenag Kota Tasikmalaya, digelar kegiatan Pembinaan Penyusunan Soal HOTS.

Hadir pada kesempatan tersebut Kepala Seksi Pendidikan Madrasah, Dadang Toha Muslim, Ketua KKM MI, Dodo Suryawadi dan Ketua KKG MI Arip Ripandi, hadir pula para Kepala Madrasah Ibtidaiyah se-kota Tasikmalaya. Arip dalam arahannya menuturkan Kegiatan Pembinaan ini adalah  program yang dilaksanakan secara rutin dilaksanakan tiap sebulan sekali.

“Sejak 2007 KKG MI Kota Tasikmalaya berdiri, a hamdulillah kini telah bergerak secara mandiri di setiap kecamatan dan Kota,” ujarnya.

Kegiatan pembinaan di bulan ini bertujuan untuk meningkatkan Kompetensi guru, dan pembinaan kali ini di khususkan untuk para Guru yang terpilih untuk menyusun Naskah Soal Penilaian Akhir Semester Genjil, sehingga mereka di bekali ilmu untuk menyusun soal berbasis HOTS (High Orther Thinking Skills). 

Ia menambahkan HOTS bukan mata pelajaran, bukan pula soal ujian, namun HOTS adalah tujuan akhir yang ingin dicapai melalui pendekatan, proses dan metode pembelajaran.

“Diharapkan dengan adanya kegiatan ini para pendidik memahami konsep HOTS, karena kekeliruan memahami konsep HOTS akan berdampak pada kesalahan model pembelajaran,” ujarnya. (kemenag tasik).

Subscribe to receive free email updates: