Bupati Ingin Zakat di Kaltim Diberdayakan untuk Kemaslahatan Umat

Ketua BAZNAS Kaltim (dari kiri), dan Pejabat lainnya yang hadir pada Pembukaan RAKORDA BAZNAS. (foto kemeag).
BRNews.id - Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) BAZNAS Provinsi Kalimantan Timur  diselenggarakan di Pulau Derawan Kabupaten Berau Kalimantan Timur pada Kamis, (18-20/10)di Ruang Pertemuan Penginapan Lapauta.


Dalam Rakorda tersebut dihadiri oleh Ketua BAZNAS Kaltim, BAZNAS Pusat, Wakil Bupati Berau, Gubernur Kaltim yang diwakili Asisten, seluruh Ketua Baznas dalam wilayah Provinsi Kalimantan Timur, dan diikuti sebanyak 82 orang peserta dari utusan masing-masing Kabupaten Kota se Kalimantan Timur, yang dibuka secara resmi oleh Asisten (Yadi Robyan Noor).

Dalam sambutannya,  Kepala Kantor Kementerian Agama Prov. Kaltim  yang dibacakan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Berau Alfi Taufik mengatakan,  dalam setiap harta yang dimliki ummat Islam ada hak dari Muslim. Karena itu zakat adalah pembersih dari harta yang kita miliki. 

"Harta yang tidak dizakatkan akan menimbulkan mudharat bagi pemiliknya. Sejarah Islam telah mengajarkan pada kita bagaimana seorang yang sudah mampu menunaikan zakat, tetapi tidak mau menunaikannya,” katanya.

Disebutkan, pada zaman Rasulullah dan para sahabat, pemungutan dan pengelolaan zakat diserahkan pada amil yang mendapat wewenang penuh dari Rasulullah, yang diberi tugas mencatat kaum muslimin yang wajib mengeluarkan zakat dan mendistribusikan zakat tersebut kepada mereka yang berhak.


Wakil Bupati Berau Agus Tantomo  antara lain  mengungkapkan kerjasama segi empat tentang menggarap Rumah Sehat yakni kerjasama antara Pemda, BAZNAS Daerah dan Pusat, Perusahaan Swasta. Pemda menyiapkan lahan, Perusahaan Swasta yang membangun, BAZNAS Daerah dan Pusat yang mengelola. 

Bupati sangat mengapresiasi bagi para peserta yang hadir adalah diharapkan RAKORNAS BAZNAS juga bisa dilaksanakan di Kabupaten Berau yakni di Pulau Maratua yang sudah terdapat fasilitas bandara. Demikian dilaporkan situs Kemenag Prov. Kaltim. (kemenag/azka).

Subscribe to receive free email updates: