Strategi Memilih Jurusan Dalam Study

BRNews-Melanjutkan study ke jenjang lebih tinggi merupakan cita cita dan keinginan hampir seluruh siswa MAN 3 Bantul. Untuk mendukung pencapaian cita cita tersebut, MAN 3 Bantul bekerjasama dengan lembaga psikologi Bina Asih Yogyakarta menyelenggarakan tes bakat minat siswa kelas XII semua jurusan, Jumat  lalu (7/9).



Menurut  guru Bimbingan Konseling (BK) madrasah Arief Rahman Anzaruddin SPd selaku penyelenggara kegiatan mengungkapkan tujuan dari tes psikologi kelas XII adalah untuk mengetahui bakat dan minat siswa serta mengetahui jurusan perguruan tinggi yang sesuai dengan potensi siswa.

Adapun aspek psikologi yang diungkap meliputi tingkat Intelegensi (IQ), bakat, minat, kepribadian, Kecerdasan Emosi (EQ). “Selain mengungkap berbagai aspek psikologi siswa, dalam kegiatan tersebut juga disampaikan saran  saran kelanjutan study  untuk 3 jurusan perguruan tinggi yang paling sesuai dengan potensi siswa,” ungkap Arief.

Senada dengan Arief, Wakabid Kuikulum Sumarna MPd menambahkan penyelenggaraan tes bakat minat juga meupakan realisasi upya madrasah guna mewujudkan lulusan yang siap berkompeisi guna memperoleh kesempatan melanjutkan study di perguruan tinggi pilihannya sesuai jurusan yang diinginkan pula.  

“Tahun 2018 siswa kami hampir 53% melanjutkan study di perguruan tinggi negeri maupun swasta. Dengan upaya ini kami berharap lulusan MAN 3 Bantul 2019 akan semakin banyak yang berkesempatan melanjutkan study di perguruan tinggi sesuai dengan bakat minat  yang mereka miliki,” tegas Sumarna.

Sumarna menjelaskan hasil dari tes tersebut nantinya akan diolah dan dibahas bersama tim BK untuk digunakan sebagai salah satu dasar acuan dalam upaya memaksimalkan potensi yang dimiliki. 

“Dengan mengetahui bakat serta minat siswa, diharapkan guru sebagai pendidik di madrasah bisa membimbing dan mendampingi siswa dengan tepat,” pungkasnya. (kemenag diy/lif).

Subscribe to receive free email updates: