MTsN 8 Ngawi Manfaatkan Alam Sebagai Media Dan Sumber Belajar


BRNews.id - Bertempat di lereng gunung Lawu, MTsN 8 Ngawi melakukan alam sebagai sumber media dan sumber belajar dalam meneguhkan amanah, mengemban tugas mulia mencerdaskan anak bangsa. 

Salah satu bproses KBM MTsN 8 Ngawi dengan manfaatkan alam sebagai media dan sumber belajar (kemenag).
Betapa tidak, lokasinya yang di lereng gunung Lawu bisa dimanfaatkan sebagai media dan sumber belajar dengan apik. Salah satunya adalah kreativitas guru IPS yang memanfaatkan alam sekitar sebagai media dan sumber belajar untuk kelas VII A. 
 
“Ide ini muncul ketika saya membuat RPP tentang Potensi Sumber Daya Alam Indonesia. Materi ini saya integrasikan dengan Kegiatan Ekonomi Penduduk, sehingga menjadi Pengembangan Potensi Sumber Daya Alam Indonesia untuk memenuhi kebutuhan penduduk melalui kegiatan ekonomi,” ungkap Susmintari, guru IPS memberi penjelasan  usai melaksanakan KBM.

“Pembelajaran pasti akan semakin menyenangkan kalau siswa diajak langsung mengamati potensi lahan pertanian, perkebunan, kehutanan, dan peternakan yang berada di sekitar madrasah,” tambahnya.

Dari kegiatan ini terbukti aktivitas belajar siswa bisa lebih dioptimalkan, yang terlihat dari interaksi siswa dengan lahan pertanian, perkebunan, hutan kecil, dan peternakan sebagai sumber belajar. Sumber belajar tersebut dapat merangsang siswa untuk belajar dan mempercepat pemahaman dan penguasaan konsep IPS.

Sementara itu, ditemui di ruang kerjanya, Selasa (25/9), Kepala MTsN 8 Ngawi, Samiran mendukung penuh kreativitas guru di lembaganya. “Saya senantiasa support dan siap melakukan pendampingan kepada guru-guru dalam melaksanakan tugasnya,” paparnya. 

Dengan meningkatnya kreativitas guru untuk berinovasi dalam pembelajaran diharapkan dapat semakin memantapkan peran madrasah di era kompetitif ini. (kemenag jatim/sus).

Subscribe to receive free email updates: