Haji 2019, Dinkes Kutim Mulai Lakukan Koordinasi dengan Kemenag

BRNews-Dinas Kesehatan Kabupaten Kutai Timur mulai mempersiapkan penanganan kesehatan pada jamaah haji untuk tahun 2019. Hal ini tampak dengan dilakukannya koordinasi Dinkes Kesehatan Kutai Timur dengan Kementerian Agama pada Selasa (18/09).


Dalam koordinasinya ke Kemenag, pihak Dinas Kesehatan yang dipimpin oleh dr. Yuwana Sri Kurniawati itu langsung diterima oleh Kepala Kantor Kemenag, H. Ambotang beserta Kasi Penyelenggara Haji & Umrah, H. Sofiansyah.

Kepala Kemenag  memaparkan untuk rencana pelaksanaan ibadah haji tahun 2019  serta data calon jamaah haji, sudah disiapkan. Akan tetapi, pihak Kemenag Kutai Timur sendiri masih menunggu regulasi dari Kemenag RI yang diturunkan ke Kanwil Kemenag Prov. Kalimantan Timur yang kemudian dilanjutkan ke Kemenag Kabupaten Kota.

Terkait dengan vaksin kesehatan untuk para jama’ah haji, Kemenag Kabupaten  harus mengikuti teknis dari pemerintah pusat. Apakah itu Vaksin Meningitis ataupun Vaksin Measles Rubella (MR) yang akan diberikan kepada mereka sebelum pemberangkatan. 

Vaksin MR sendiri melalui fatwa MUI dinyatakan memiliki kandungan yang haram untuk diberikan kepada masyarakat umum. Walaupun hingga saat ini belum ada alternatif vaksinnya. Namun selaku pelaksana regulasi tersebut, kita harapkan dapat bijak menyikapinya, dengan cara mengikuti aturan juknisnya tersebut. (kemenag kaltim/fds).

Subscribe to receive free email updates: