Tingkatkan Kualitas Pendidikan Diniyah dan Al-Quran, Kanwil Gorontalo Gelar Rakor

...

BRNews - Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Gorontalo menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Program Pendidikan Diniyah dan Al-Quran. Kegiatan yang diinisiasi Bidang Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam (PAKIS) ini digelar di Aula Kanwil Kemenag, dan dibuka Kakanwil Kudrat Dukalang,S.Ag,M.Pd, Sabtu (25/8/18).


Kabid PAKIS Misnawaty Nuna,MHI menjelaskan, rakor ini selain  langkah menyatukan persepsi tentang penataan kelembagaan dan manajemen pengelolaan pendidikan khususnya Pendidikan Diniyah dan Al-Quran, juga sebagai ajang untuk pembahasan program, memberikan informasi dan pengetahuan tentang program kebijakan, serta penguatan lembaga Pendidikan Diniyah dan Al-Quran.

"Tentu juga ada evaluasi yang dilakukan terkait kegiatan yang telah dilakukan, baik dari bantuan sampai pada kurikulum. Dan yang tidak kalah pentingnya adalah membangun kebersamaan dalam pengembangan Pendidikan Diniyah dan Alquran di Provinsi Gorontalo," tutur Misnawaty.

Didampingi Ketua Panitia Yasrullah Dinar, Misnawaty menambahkan, kegiatan ini diikuti oleh perwakilan dari TPQ dan Madin se-Provinsi Gorontalo ditambah dengan para Kepala Seksi Pendidikan Diniyah dan Alquran pada Kankemenag Kabupaten/Kota dan akan berlangsung selama sehari.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Gorontalo Kudrat Dukalang saat membuka kegiatan memberikan apresiasinya. Menurut mantan Kepala Biro IAIN Manado ini, Rakor menjadi penting untuk memberikan arah pengembangan Madin dan TPQ  menuju Madin TPQ unggulan, tentu dengan memperhatikan aspek kurikulum, tenaga pendidik, dan santri.

Namun tambah Kakanwil, yang tidak kalah pentingnya dan harus diperhatikan adalah bagaimana memberikan pengetahuan yang luas tentang Islam kepada santri atau anak didik. Selain itu, ia berharap dapat berkolaborasi dengan bidang atau pengetahuan lain.


Kakanwil juga meminta kepada peserta rakor agar ikut berperan dalam mendidik generasi muda Gorontalo. "Tugas bapak ibu adalah bagaimana anak-anak di Provinsi Gorontalo itu tau baca Alquran dan berakhlakul karimah. Tentu langkah awalnya wajib punya data," ujarnya.

"Saya amanahkan agar seluruh anak-anak di Gorontalo harus bisa baca Alquran," pungkas Kakanwil. (kemenag gorontalo/rie). 

Subscribe to receive free email updates: