Peringati HUT Pramuka, MTsN 2 Tasikmalaya Libatkan Siswa dalam Pawai Deville

BRNews - Hari pramuka yang jatuh pada tanggal 14 Agustus telah berlalu namun Kota Tasikmalaya baru merayakan puncak peringatan Hari Ulang Tahun Pramuka ke-57 pada hari Sabtu lalu (25/08).

Kegiatan diisi dengan upacara dan pawai deville yang diikuti oleh ratusan anggota kwartir cabang pramuka sekota Tasikmalaya, termasuk para siswa – siswi MTsN 2 Kota Tasikmalaya.

Para siswa MTsN 2 Kota Tasikmalaya yang tergabung dalam ekstra kulikuler polsis, marching band, pencak silat, BKC dan PMR terlihat memakai seragam kebanggaannya masing – masing, mereka bergabung dengan siswa lain untuk  mengikuti upacara dan pawai deville sejak pagi. 

Ai Lathofah, Kepala MTsN 2 menuturkan, pihaknya sengaja menginstruksikan para siswa untuk ikut serta memeriahkan peringatan hari ulang tahun pramuka tingkat Kota Tasikmalaya.

“Kami bersama seluruh tenaga pendidik dan kependidikan terus menanamkan pendidikan kepramukaan yang didasari satya darma pramuka kepada seluruh anak didik dan berusaha untuk melibatkan mereka dalam setiap kegiatan kepramukaan,” ujarnya.

Ia menambahkan kegiatan pramuka sebagai salah satu media yang sangat bermanfaat dalam melatih dan menanamkan nilai- nilai baik bagi peserta didik, karenanya pramuka menjadi salah satu eskul  yang harus diikuti oleh siswa selain ekstra kulikuler yang lainnya. 

Nilai pendidikan dalam kegiatan pramuka berupa pembentukan katakter (character building) dilaksanakan dalam bentuk berbagai kegiatan yang menyenangkan.

“di Pramuka mereka bisa mengikuti kegiatan yang bersifat rekreatif, menantang namun tetap penuh dengan nilai – nilai pendidikan,termasuk kegiatan pawai deville seperti ini,” tambahnya.


Menyadari ada banyak sekali manfaat yang didapatkan melalui kegiatan kepramukaan, ia selalu menekankan para siswa untuk berperan aktif dalam setiap kegiatan, baik berupa latihan rutin, lomba kepramukaan, perkemahan dan kegiatan dalam bentuk lain. 

Ai berharap dengan melibatkan diri dan berperan aktif dalam kegiatan peringatan hari ulang tahun pramuka kali ini, para siswa semakin bangga menjadi anggota pramuka dan semakin menanamkan nilai – nilai kepramukaan dalam kehidupan sehari–hari. (kemenag tasikmalaya). 

Subscribe to receive free email updates: