Menanamkan Nilai Nilai Kurban Kepada Siswa

BRNews - Diiringi gema takbir yang menggema dari seluruh keluarga besar MTsN 1 Purwakarta, Kamis (23/08) di selenggarakan praktek penyembelihan hewan qurban bagi seluruh siswa siswi, kegiatan yang rutin di laksanakan setiap tahun ini, merupakan salah satu kegiatan unggulan yang di terapkan oleh MTsN 1 Purwakarta.


Ditemui sebelum acara penyembelihan, Kepala MTsN 1 Purwakarta H. Jarirudin mengatakan, tidak hanya praktek tentang bagaimana menyembelih hewan qurban yang sesuai dengan syariat Islam, namun tujuan dari kegiatan ini adalah tentang bagaimana penanaman nilai-nilai kemanusiaan yang berawal dicontohkan oleh Nabi Ibrahim AS.

Qurban menanamkan nilai-nilai keikhlasan seperti bagaimana sosok Nabi Ibrahim AS yang diuji oleh Allah SWT saat beliau sangat merindukan kehadiran seorang anak seteleh berpuluh-puluh tahun tak kunjung tiba, namun saat beliau memiliki keturunan Allah meminta sang anak yakni Nabi Ismail AS untuk disembelih. Namun karena keihklasan dan ketaatan nya maka Nabi Ibrahim rela melakukan semata-mata mengharap atas Ridho Allah SWT.ujar Jarirudin.

Jarirudin berharap, dari kegiatan ini bisa memberikan pembelajaran praktek penyembelihan hewan qurban serta dapat memberikan dampak positif terhadap kemampuan (skill) para siswa MTsN 1 Purwakarta dan tertanam pula nilai-nilai keikhlasan serta makna berqurban dalam benak mereka. (kemenag purwakarta).

Subscribe to receive free email updates: